Januari 2024 Vaksin Covid-19 akan Berbayar : Harganya Mencapai Ratusan Ribu

Januari 2024 Vaksin Covid-19 akan Berbayar : Harganya Mencapai Ratusan Ribu
Januari 2024 Vaksin Covid-19 akan Berbayar : Harganya Mencapai Ratusan Ribu (ist/halodoc)
0 Komentar

sumedangekspres – Januari 2024 Vaksin Covid-19 akan Berbayar : Harganya Mencapai Ratusan Ribu.

Pada tahun 2024, rencananya vaksin Covid-19 di Indonesia akan dikenakan biaya, dan kebijakan ini telah dirancang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan fokus pada masyarakat yang mampu secara ekonomi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa ada estimasi bahwa vaksin Covid-19 berbayar akan menjadi kenyataan, meskipun rincian angka dan patokan harganya belum ditetapkan.

Diperkirakan, biaya vaksin ini akan berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

Baca Juga:Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Tembus 2.548Covid-19 JN.1 Mudah Menular, Tapi Tak Sebahaya Varian Sebelumnya?

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa batasan harga tersebut masih akan direview, apakah akan diatur oleh pemerintah atau dibiarkan mengikuti mekanisme pasar.

Hal ini diharapkan akan memberikan masyarakat pilihan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

“Ratusan ribu rupiah dan itu akan berlaku setiap enam bulan,” tambah Budi Gunadi Sadikin, memberikan gambaran bahwa biaya vaksin ini akan menjadi kewajiban berkala yang perlu dipertimbangkan oleh masyarakat yang mampu.

Selain itu, pada tahun 2024, vaksin Covid-19 berbayar juga akan diakses melalui klinik dan rumah sakit swasta.

Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pada tahun mendatang, pihaknya berencana membuka klinik-klinik swasta dan memberikan izin kepada rumah sakit swasta untuk menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 secara mandiri.

Langkah ini diambil untuk memberikan fleksibilitas dan akses yang lebih luas kepada masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 di sektor swasta.

Demikian pembahasan mengenai Januari 2024 Vaksin Covid-19 akan Berbayar : Harganya Mencapai Ratusan Ribu.***

0 Komentar