Cabai Kriting Panen Melimpah di Sumedang: Akibat Pengaruh Kemarau Panjang El Nino!

Cabai kriting panen melimpah di Sumedang
Cabai kriting panen melimpah di Sumedang(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Cabai kriting panen melimpah di Sumedang, saat ini harga cabai melonjak tinggi dan sangat dikeluhkan oleh penjual dipasar, untuk itu dengan mengganti cabai domba yang mahal, bisa dengan cabai kriting.

Panen cabe jenis tertentu juga diperoleh dari Kabupaten Sumedang, khususnya cabe keriting sehingga pasokan masih selalu ada. Produksi cabe di Indonesia diketahui sedang naik, karena pengaruh produksi turun akibat pengaruh kemarau panjang El Nino.

Tetapi di Jawa Barat pada Desember 2023 ini, masih ada jenis-jenis cabe tertentu, yang panen karena selamat dari kondisi kekeringan. Tanaman-tanaman cabe yang bertahan selama musim kemarau lalu, kini dapat dipanen pada Desember 2023 ini.

Baca Juga:Cerita Mistis Fenomena Pasir Tuhureun Tanjungkerta Sumedang!Pemkab Sumedang Revisi RPJPN: Benarkah Karena Tuntutan Zaman untuk 20 Tahun ke Depan?

Misalnya cabe keriting di Sumedang dan Garut, sehingga petani masih selamat memperoleh panen. Gambaran masih diperoleh panen cabe keriting masih mengalir dari Sumedang, muncul pula pada Komunitas Petani Tanjungsari Sumedang.

Panen cabe keriting tampak bagus, diperoleh dari Kecamatan Cimalaka, Sumedang. .Disebutkan, panen cabe keriting itu berasal dari Cimalaka, Sumedang. Gambaran cabe keriting Ketua Asosiasi Agribisnis Cabe Indonesia (AACI) Jawa Barat, Asep Halim, kepada PR Jabar mengatakan, sebenarnya walau sedang minim pasokan cabe asal Jawa Barat akibat kemarau panjang, tetapi ada sejumlah wilayah produksinya bagus.

Sebab, ada beberapa wilayah yang pengairan tetap ada walau sedang musim kemarau lalu. Misalnya di sebagian Garut dan Sumedang, masih ada sumber air yang dimanfaatkan petani untuk menyiram tanaman cabe ketika musim kemarau panjang lalu. Khusus soal cabe keriting, menurut Asep Halim, termasuk komoditas yang awet ketahanannya. Para peminat cabe keriting banyak digunakan untuk masakan dan sambal, baik warna merah maupun hijau.

“Jika harga cengek domba sedang mahal, biasanya untuk sambal suka berali menggunakan cabe keriting. Apalagi, ada masakan-masakan tertentu hanya enak jika menggunakan sambal dari cabe keriting,” kata Asep Halim.

Disebutkan, cabe keriting banyak diminati masyarakat kota besar, terutama Jakarta dan sekitarnya, disamping di Jawa Barat seperti Kota Bandung. Salah satu pengguna terbesar cabe keriting, adalah masakan Minang atau orang menyebut Nasi Padang, disamping aneka masakan lain.

0 Komentar