Gamer Indonesia Buat Candi Borobudur di Minecraft, Habiskan Waktu 100 Jam

Gamer Indonesia Buat Candi Borobudur di Minecraft, Habiskan Waktu 100 Jam
Gamer Indonesia Buat Candi Borobudur di Minecraft, Habiskan Waktu 100 Jam (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Gamer Indonesia Buat Candi Borobudur di Minecraft, Habiskan Waktu 100 Jam.

Seorang gamer, yang dikenal sebagai Baww, menghabiskan waktu hingga 100 jam untuk menciptakan replika Candi Borobudur di permainan Minecraft Survival.

Baww, yang merupakan seorang gamer dan kreator asal Indonesia, menjadi sorotan publik setelah videonya menjadi viral.

Baca Juga:Baliho Prabowo-Gibran di Pos Polisi Mojokerto, Polisi Bilang BeginiTren Makan Tahu Goreng Panas Viral di TikTok, Apakah Berbahaya?

Ceritanya dimulai pada tahun lalu, ketika Baww membuat konten di kanal YouTube-nya tentang pengalaman membuat Candi Borobudur di Minecraft Survival.

Proses ini mencakup 10 jam untuk grinding (mengumpulkan barang/item) dan 90 jam untuk membangun candi.

Baww menjelaskan bahwa pembuatannya dibagi menjadi tiga tahap: pertama, membuat outline; kedua, menempatkan blok; dan ketiga, melakukan detailing.

Untuk tahap pertama, Baww memerlukan waktu hingga 10 jam. Kemudian, pada tahap kedua, ia berhasil menyelesaikan konstruksi kaki candi dalam waktu 27 jam dan menempatkan balok di bagian tengah selama 12 jam.

Tahap terakhir, yaitu detailing, menjadi pekerjaan yang lebih sulit bagi Baww, karena melibatkan pembuatan berbagai elemen seperti tangga, ornamen, stupa, dan detail lainnya.

Bagian yang dianggap paling rumit adalah pembuatan ornamen dinding candi, yang meskipun hanya memakan waktu 15 menit, namun harus dibuat dalam jumlah yang sangat banyak.

Meskipun demikian, Baww berhasil menyelesaikan proyeknya secara mandiri setelah berjuang selama 90 jam dengan blok-blok yang ada.

Baca Juga:Penemuan Sumber Migas di Sawah Bekasi Langsung Dibeli PertaminaMisteri Pasir Tuhureun Sumedang, Terdengar Suara Gamelan Dari Goa

Pada akhir video, Baww menyatakan bahwa karyanya dipersembahkan untuk Indonesia yang tengah merayakan ulang tahun ke-77.

Menariknya, video ini baru menjadi viral pada tahun 2023.

Keahlian Baww mendapat banyak apresiasi dari banyak orang yang terkagum-kagum dengan detail-detailnya dan kejeniusannya dalam memperhitungkan setiap sudut candi ketika meletakkan blok-blok.

Setelah video tersebut menjadi viral, Baww menerima email dari pihak Borobudur Park yang mengapresiasi karyanya.

Sebagai bentuk penghargaan, Sang Kreator diberikan akses gratis seumur hidup ke Candi Borobudur.

Untuk yang ingin melihat proses pembuatannya, dapat langsung mengunjungi channel YouTube Baww.

Video berdurasi hampir 18 menit tersebut telah ditonton sebanyak 3,7 juta kali, mendapat 219 ribu likes, dan menerima 11.386 komentar.

Demikian pembahasan mengenai Gamer Indonesia Buat Candi Borobudur di Minecraft, Habiskan Waktu 100 Jam.***

0 Komentar