Menteri Perhubungan Ungkap Rencana Lanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan Pendanaan Kreatif

Rencana Lanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Rencana Lanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi baru-baru ini mengumumkan rencana pemerintah untuk melanjutkan proyek kereta cepat dari Jakarta ke Surabaya.

Sejauh ini, kereta cepat pertama di Asia Tenggara telah berhasil menghubungkan Jakarta dan Bandung, dan langkah selanjutnya adalah menghadirkan layanan tersebut ke Surabaya.

Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa sistem pembiayaan inovatif yang disebut dengan creative financing akan digunakan untuk pembangunan kereta cepat ke Surabaya.

Baca Juga:PLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan untuk Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024Cuaca Panas di Musim Hujan Desember 2023: Dampak El Nino dan Dipole Mode Positif

Meski tak merinci investor yang terlibat, Menteri Perhubungan menegaskan ada sejumlah pihak yang mempertimbangkan untuk berinvestasi di proyek tersebut.

Meski Menteri Perhubungan enggan membeberkan detail identitas atau sumber investor yang berminat, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya mengatakan akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai potensi perannya.

Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, pemerintah Indonesia melakukan penelitian bersama dengan pemerintah China pada proyek ini.

Pernyataan ini menambah dimensi diplomasi pada proyek ini dan menunjukkan potensi kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Tiongkok dalam pengembangan infrastruktur transportasi mutakhir di Indonesia.

Walaupun banyak yang mendukung perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya sebagai langkah maju menuju konektivitas yang lebih baik antar kota besar di Indonesia, beberapa pihak juga menyoroti pentingnya transparansi dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait proyek ini.

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas penduduk di Pulau Jawa, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan pembangunan di wilayah-wilayah yang dilalui oleh proyek ini.

Seiring berjalannya waktu, publik akan menantikan informasi lebih lanjut mengenai perkembangan proyek ambisius ini serta peran aktif investor dalam mewujudkannya.***

Baca Juga:Dukungan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Menguatkan Posisi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024Sosialisasi Pajak Daerah: Transformasi Kebijakan Pendapatan Kabupaten Sumedang

Demikian merupakan artikel mengenai Menteri Perhubungan Ungkap Rencana Lanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan Pendanaan Kreatif.

Berita tersebut sudah tayang di website Sukabumi Ekspres. Dengan judul “Kereta Cepat Akan Sambungkan Ke Surabaya, Menhub Sebut Ada Investor“.

0 Komentar