Menguak Keindahan Gua Kaneng, Tempat Wisata Tersembunyi di Pasuruan Jatim

Menguak Keindahan Gua Kaneng, Tempat Wisata Tersembunyi di Pasuruan Jatim
Menguak Keindahan Gua Kaneng, Tempat Wisata Tersembunyi di Pasuruan Jatim (ist/Indonesia Kaya)
0 Komentar

sumedangekspres – Menguak Keindahan Gua Kaneng, Tempat Wisata Tersembunyi di Pasuruan Jatim

Gua Kaneng, merupakan salah satu gua yang berada di suatu dusun terpencil bernama Sawiran, Desa Dawansengon, Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk menuju ke Gua Kaneng ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 35 km dari Alun-Alun Kota Pasuruan atau menghabiskan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam perjalanan.

Baca Juga:Keji! Netanyahu Bersumpah Lanjutkan Perang di Gaza Sampai Hamas Lenyap di Muka Bumi!Kenapa Hamas Tolak Gencatan Senjata Israel? Berikut Alasannya!

Lokasi Gua ini berada di antara Gunung Arjuna dan Gunung Bromo, hingga menjadikan Gua Kaneng memiliki panorama keindahan yang menawan.

Dari pintu, pengunjung harus menyusuri jalan tanah yang sempit sekitar 15 menit lamanya.

Sepanjang perjalanan menuju gua, pengunjung disajikan hamparan pohon karet yang getahnya dimanfaatkan untuk industri.

Selain bermata pencaharian sebagai petani sapi perah, masyarakat Desa Dawansengon juga banyak yang berprofesi sebagai petani karet.

Gua Kaneng ini memiliki keunikan karena  terbentuk dari rongga bebatuan cadas. Rongga tersebut digali kembali oleh masyarakat, dengan tujuan untuk mengeksplore keindahan alam Purwodadi.

Selain juga tentunya sebagai media untuk memperkenalkan kawasan tersebut kepada masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan Purwodadi menjadi destinasi wisata alam yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Gua Kaneng ini terdiri dari dua gua. Gua pertama mempunyai kedalaman sekitar 10 meter, sementara di gua yang kedua kedalamannya mencapai hingga 20 meter.

Baca Juga:Diduga Rem Blong! Truk Tabrak Ruko dan Motor di Gekbrong Cianjur, 1 Orang TewasMengerikan! Polisi Temukan Janin di Lemari Saat Gerebek Klinik Aborsi Ilegal di Jakarta Utara

Untuk bisa menjamahi ke dua gua tersebut, selain dibutuhkan penerangan yang cukup, pengunjung juga harus mempunyai stamina yang kuat.

Hal tersebut dikarenakan untuk masuk ke dalam gua, pengunjung harus berjalan jongkok dan terkadang merayap.

Diceritakan oleh penjaga gua, bahwasanya dahulu kawasan Gua Kaneng ini merupakan tempat tinggal bagi sekawanan binatang buas.
Pembangunan desa membuat para binatang tersebut mencari tempat lain.

Selain itu, Gua Kaneng juga menjadi tempat bersemedi bagi mereka yang menganut kepercayaan Kejawen.

Demikian, informasi mengenai wisata gua kaneng pasuruan jatim

0 Komentar