Kebiasaan Pemberian Amplop untuk Warga Sakit di Sumedang: Sembuh Sakit Auto Bisa Shopping!

Kebiasaan Pemberian amplop untuk warga Sakit di Sumedang
Kebiasaan Pemberian amplop untuk warga Sakit di Sumedang(ist)
0 Komentar

sumedangekspres-Kebiasaan Pemberian amplop untuk warga Sakit di Sumedang, ternyata masyarakat yang tinggal di pedesaan Sumedang memiliki cara unik ketika menjenguk tetangga yang sedang sakit. Mereka akan mengumpulkan amplop sumbangan berisi uang dan diberikan kepada tetangga yang sakit. Uniknya, uang sumbangan kerap berlebih bahkan bisa untuk membeli kendaraan.

Kebiasaan ini masih dijalankan oleh masyarakat di beberapa desa seperti Kadu, Lebaksiuh, Cintajaya, dan Cipicung, Kecamatan Jatigede.

Tak jarang jumlah warga yang menjenguk bisa puluhan hingga belasan orang. Ini jadi tradisi unik yang ada di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Tempat Angker dengan Cerita Kegelapan Mistis di Sumedang yang Bikin Penasaran!3 Wisata Alam Sumedang yang Cocok untuk Libur Nataru Bareng Keluarga!

Mengutip sumedangkab.go.id, warga di wilayah tersebut memang memberikan sumbangannya berupa uang. Mereka tak ingin memberikan sumbangan dalam bentuk lain, seperti buah karena wilayah tersebut merupakan penghasil mangga di Sumedang.

Ajang ini bisa jadi momen silaturahmi antar tetangga yang saling berkumpul di rumah warga yang tengah mengalami sakit.

Karena jumlah warga yang berangkat bisa puluhan hingga belasan orang, maka salah satu perwakilan akan memakai mobil pribadinya untuk mengantar para tetangga menjenguk warga yang lain.

Bahkan, warga sampai harus menyewa mobil pick up demi sampai ke rumah orang yang sakit, ataupun untuk menuju rumah sakit di pusat kota.

Biasanya para warga ini akan duduk di bak pick up bersama-sama, sembari bercengkrama. Dari kebiasaan unik menjenguk tetangga ini, terdapat sebuah cerita menarik.

Dikatakan pernah ada seorang warga yang sakit, dan mendapat kunjungan dari tetangganya di sekitar rumah. Para tetangga ini mengumpulkan amplop dan memberikannya kepada warga yang tengah sakit itu.

Rupanya, jumlah uang yang diberikan para tetangga ini cukup besar, bahkan bisa untuk membeli sebuah sepeda motor keluaran terbaru. Menjenguk tetangga ini menjadi ajang dari masyarakat di wilayah pedesaan Sumedang untuk menjalin tali silaturahmi.

Baca Juga:Tari Cikeruh Sumedang yang Nyentrik dan Enerjik!Curug Hits Kiara Danu Majalengka: Destinasi Pilihan Saat Libur Sekolah Tiba!

Orang yang sakit bisa didoakan secara bersama-sama, dan akan merasa senang karena mendapat perhatian para tetannga.Sebagai daerah penghasil mangga, maka perekonomian warga di sana tak perlu diragukan. Tradisi ini juga populer di daerah lain, seperti Jawa Tengah. Warga di sana biasa menyebutnya sebagai tilik, atau menengok orang yang sakit.

0 Komentar