Mengenal Tradisi Ngaruat Jagat Situraja yang Merupakan Acara Budaya Tahunan di Sumedang

Mengenal Tradisi Ngaruat Jagat Situraja yang Merupakan Acara Budaya Tahunan di Sumedang
Mengenal Tradisi Ngaruat Jagat Situraja yang Merupakan Acara Budaya Tahunan di Sumedang (ist/youtube Kembar Putera Darmaraja)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Tradisi Ngaruat Jagat Situraja yang Merupakan Acara Budaya Tahunan di Sumedang

Sumedang merupakan ikon budaya Sunda di wilayah Priangan, salah satunya yaitu adanya Tradisi Ngaruat Jagat Situraja masyarakat wilayah Pedesaan.

Sampai dengan akhir tahun 1960-an Sumedang dapat dipastikan menyelenggarakan tradisi tahunan.

Baca Juga:Lebih Hemat 75% Dari Motor BBM! Berikut Biaya Operasional Motor ListrikGraha Sartika, Rekomendasi Hotel Murah di Bandung yang Dekat Tempat Wisata. Mempunyai Fasilitas Modern!

Salah satu nya yaitu Upacara Tradisi Ngaruwat Jagat yang merupakan sebuah upacara adat atau sebagai budaya tahunan di sumedang yang hingga kini masih diperingati oleh masyarakat Sunda, khususnya masyarakat Situraja Kabupaten Sumedang.

Dalam arti luas, upacara adat merupakan perwujudan kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri secara aktif terhadap alam atau lingkungan.

simbol dan makna Ngaruat Jagat Situraja

Makna yang terdapat pada penyajian tradisi ritual Ngaruwat Jagat di Situraja sangat melekat kuat dari setiap tahapan dan elemen pendukung kelengkapan ritual.

Masing masing mempunyai kandungan simbol dan maknanya sebagai satu kesatuan yang saling terkait.

Adapun inti dari simbol dan makna Ngaruwat Jagat yaitu sebagai bentuk representasi kepedualian manusia terhadap bumi alam dan seisinya, agar senantiasi mencintai dan menjaga alamnya.

Sementara untuk makna hakikinya adalah mengingatkan  kepada manusia untuk selalu sama-sama memelihara kelestarian dan ketahanan lingkungan baik secara perorangan maupun kelompok.

Pengaruh yang signifikan adanya ritual Ngaruwat Jagat Situraja terhadap tatanan kehidupan masyarakat sekitar, antara lain telah menjadikan masyarakat sadar terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan.

Baca Juga:Wajib Kesini! Pusat Perbelanjaan Mall Terfavorit dan Terbesar se-MajalengkaDaftar Wisata Sumedang yang Terdekat dari Lokasi Kamu Saat Ini!

Dengan demikian kecintaan dan komitmen yang tinggi terhadap alam dan lingkungan menjadi jiwa dan karakter masyarakat Situraja dalam menjaga dan melestarikan alam lingkunganya.

 

0 Komentar