Ketua APDESI Sumedang Sampaikan Aspirasi untuk Kesejahteraan Desa

Ketua APDESI Sumedang Sampaikan Aspirasi untuk Kesejahteraan Desa
Ketua APDESI Sumedang Sampaikan Aspirasi untuk Kesejahteraan Desa (ist/ ig/hermansuryatman)
0 Komentar

sumedangekspres – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumedang, Welly Sanjaya kembali menyampaikan permintaan penting kepada Pj Bupati Sumedang, Herman

Suryatman mengenai berbagai hal yang dianggap penting bagi kesejahteraan desa, sarana dan unsurnya dari pemerintah desa.

Pernyataan tersebut disampaikan Welly Sanjaya pada Rabu (27/12) dalam rangka peningkatan kapasitas Kepala Desa Bumi Perkemahan Gajah Depa di Desa Galudra, Cimalaka.

Baca Juga:Kinerja Gemilang Satgas P3GN Polri: Lebih dari 39 Ribu Kasus Narkoba TerungkapKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Memaparkan Optimisasi Penggunaan Anggaran Polri untuk Mendorong Ekonomi Lokal

Salah satu permintaan APDESI kepada Pj Bupati Herman adalah terkait perlunya perubahan Peraturan Bupati (Perbup) 65/2018.

Melalui perubahan tersebut diharapkan alokasi dana desa (ADD) dapat disesuaikan untuk meningkatkan keberlanjutan pembangunan di tingkat desa.

Usulan tersebut berupaya menetapkan alokasi dana desa sebesar 10 persen dari dana perimbangan.

Selain itu, Welly Sanjaya juga menyampaikan perlunya pemerataan bankudes untuk layanan di seluruh kabupaten Sumedang.

Hal ini dianggap sebagai upaya untuk membantu pemerataan dana desa antar daerah. Selain itu, APDESI juga fokus pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Terkait hal itu, mereka ingin proses pemilihan desa dilakukan secara transparan, adil, dan demokratis di seluruh wilayah Sumedang.

Sementara itu, H Ilmawan Muhammad, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang yang berafiliasi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mendorong transformasi digital.

Baca Juga:Kabar Duka: Aktor Terkenal Film Korea “Parasite” Lee Sun Kyun Tutup Usia di Usia 45 TahunKepunahan Ikan Pari Jawa: Sebuah Kejadian Menyedihkan

Menurutnya, dengan adanya berbagai regulasi dan penerapan platform digital terbaru, penting bagi semua pihak terlibat untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini, terutama di era transformasi digital.

Hal ini diperlukan guna menciptakan pemerintahan desa yang berbasis good governance, menjadi contoh pemerintahan desa yang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Ilmawan menambahkan bahwa kepala desa memegang peran kunci dalam mewujudkan pemerintahan desa yang baik, dan pelayanan maksimal kepada masyarakat menjadi kunci utama dalam meraih kesejahteraan bersama di tingkat desa masing-masing.***

Demikian merupakan artikel mengenai Ketua APDESI Sumedang Sampaikan Aspirasi untuk Kesejahteraan Desa.

0 Komentar