Gempa Bumi Kembali Guncang Sumedang

Gempa Bumi Kembali Guncang Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres, Gempa bumi M 4,8 Sumedang Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 20.34.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa terjadi di lokasi Lok:6.85LS, 107.87BT (5 km BaratLaut KAB-SUMEDANG-JABAR) di kedalaman 10 Km.

“Gempa sangat terasa di wilayah Kecamatan Conggeang, cukup besar hingga kaca rumah bergetar,” ucap seorang warga Kecamatan Conggeang, Risda Fitriana, Minggu (31/12/2023).

Baca Juga:Pembangunan Masjid dan Madrasah As Syukron Belum TuntasAngka Stunting di Regolwetan Turun Signifikan

Dikatakan, gempa hanya berlangsung beberapa detik dan tidak menimbulkan kerusakan apapun di sekitar tempat tinggal. “Namun, gempa cukup membuat panik warga hingga banyak yang keluar rumah,” terangnya.

Sementara itu, dengan adanya gempa bumi membuat beberapa warga menghimbau warga lainnya untuk waspada. “Muhun wa nembepisan kuat ageung
Hati ati wa bilih Aya susula mending di laluar ruangan heula,” tutur seorang warga di grup WA Forum Warga Paseh.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan Magnitude (M) 4,1 mengguncang Kabupaten Sumedang Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023) sekitar Pukul 14.35 WIB.

Dilansir dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan M 4,1 SR dengan kedalaman 10 km. Titik pusat gempa di 2 km Timur Laut Kab Sumedang Jabar (Jawa Barat).

Gempa tersebut membuat sebagian besar masyarakat yang ada di Sumedang berhamburan ke luar rumah, untuk menyelamatkan diri.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyebutkan baru menerima satu laporan, yaitu adanya retakan pada rumah warga Desa Jatimulya kecamatan Sumedang Utara.

“Iya, warga yang melaporkan adanya satu rumah retak-retak akibat Gempa beberapa menit yang lalu,” kata Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang Ruli S saat dikonfirmasi wartawan.

Baca Juga:Petani Penggarap Geruduk Kantor Bupati, Mendesak Pj Bupati Keluarkan Rekomendasi RedistribusiKembangkan Sumber Air Baku Cigendel

Ruli menambahkan, titik pusat gempa berdasarkan informasi dari pihak BMKG berada di sekitar wilayah Sumedang Utara. (bim/bbs)

0 Komentar