Laut Banda Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Pagi Ini

Laut Banda Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Pagi Ini
Laut Banda Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Pagi Ini(istimewa/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Laut Banda Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Pagi Ini

Wilayah Tanimbar, Maluku digunjang gempa dengan kekuatan 5,0 Magnitudo pada Selasa (2/1) pada pagi pukul 6.10 WIB.

Laut Banda Maluku diguncang gempa yang pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7,03 derajat lintang selatan dan 129,99 derajat bujur timur, berada di perairan sekitar 179 kilometer di arah Barat Laut Tanimbar, Maluku, dengan kedalaman 152 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, menyatakan bahwa gempa tersebut adalah gempa menengah yang terjadi karena aktivitas deformasi batuan di dalam lempeng slab Banda, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Sampai jam 06.25 WIB, pantauan BMKG belum mendeteksi kegiatan gempa susulan.

Baca Juga:Presiden Joko Widodo Setelah Tidak Jadi Presiden, Jokowi : Akan Kembali Ke Solo Jadi Rakyat BiasaJepang Telah Mencabut Peringatan Tsunami Pasca Gempa Dahsyat

Menurut estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menyebabkan getaran di wilayah Amahai Maluku Tengah, Dawelor Dawera, dan Pulau-Pulau Babar Maluku Barat Daya dengan skala intensitas II – III MMI. Ini berarti getarannya cukup terasa di dalam rumah, mirip dengan sensasi getaran seorang truk yang melintas.

Saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai dampak kerusakan mengenai Laut Banda Maluku diguncang gempa 5,0 Magnitudo.

Daryono menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar.

Sebelum kembali masuk ke dalam rumah, penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa bangunan tempat tinggal aman dari kerusakan akibat getaran gempa yang dapat mengancam stabilitasnya.

0 Komentar