Pernahkah Anda Tahu? Kejadian Mengerikan yang Terjadi Pada 19 Desember 1972 di Sumedang Tertimpa Gempa Bikin Geger Warga!

Pernahkah Anda Tahu? Kejadian Mengerikan yang Terjadi Pada 19 Desember 1972 di Sumedang Tertimpa Gempa Bikin Geger Warga!
Pernahkah Anda Tahu? Kejadian Mengerikan yang Terjadi Pada 19 Desember 1972 di Sumedang Tertimpa Gempa Bikin Geger Warga!(ist/BMKG)
0 Komentar

sumedangekspres – Pernahkah Anda Tahu? Kejadian Mengerikan yang Terjadi Pada 19 Desember 1972 di Sumedang Tertimpa Gempa Bikin Geger Warga! Sebuah peristiwa dahsyat mengguncang Kabupaten Sumedang pada tanggal 19 Desember 1972 yang tak terlupakan!

Pada 19 Desember 1972 di Sumedang Tertimpa Gempa

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,5 melanda Sumedang, Jawa Barat, dengan dampak yang dirasakan hingga ketinggian Intensitas VI MMI.

Gempa ini bukan hanya sekadar getaran, namun kerusakan yang disebabkan oleh gempa kerak dangkal ini sangat menghancurkan, mengakibatkan runtuhnya banyak bangunan, longsor di Cibunar, Rancakalong, Sumedang, serta merenggut ketenangan warga.

Baca Juga:Sumedang Diklaim Aman dari Gempa Berdasarkan Peta Seismisitas, Benarkah?GEMPA SUMEDANG Masyarakat Diimbau Waspada! BMKG Ungkap Ancaman Gempa Susulan Besar

Bagaimana Gempa Mengerikan ini Menciptakan Kengerian yang Tak Terlupakan di Sumedang?

Warga Sumedang masih teringat dengan kejadian mencekam saat gempa tersebut menghantam.

Bukan hanya getaran yang dirasakan, tetapi kerusakan yang ditimbulkannya begitu besar, dengan banyaknya bangunan yang roboh dan longsoran yang mengancam pemukiman warga.

Di tengah kepanikan dan ketakutan, warga berjuang melalui puing-puing demi keselamatan diri mereka.

Kerusakan yang Diakibatkan Gempa Tidak Cuma Bangunan, Tapi Juga Meninggalkan Bekas Trauma di Hati Warga!

Bukan hanya fisik, dampak psikologis dari gempa ini masih terasa hingga sekarang. Trauma dan ketakutan yang diakibatkan oleh kejadian tersebut masih membekas di hati warga Sumedang.

Pengalaman yang mendebarkan dan tragis itu telah menciptakan cerita-cerita mencekam yang tak terlupakan.

Baca Juga:Gempa Mengguncang! Kerusakan Parah UPTD Dinas Pertanian Sumedang Selatan Menyita PerhatianRombongan Pasien RSUD Sumedang Kembali Turun ke Tenda Darurat, Gara-Gara Gempa Susulan

Apakah Ada Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Gempa Mengerikan Ini?

Momen tersebut memberikan pelajaran berharga bagi masyarakat Sumedang untuk lebih memperhatikan mitigasi bencana dan infrastruktur bangunan yang tahan gempa.

Seiring berjalannya waktu, pembelajaran dari kejadian mengerikan ini menjadi landasan dalam upaya meminimalisir dampak bencana serupa di masa depan.

Meskipun kejadian gempa pada 19 Desember 1972 itu telah lalu, kenangan dan pelajarannya tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Sumedang. Mari kita bersama-sama memperingatinya dan belajar dari pengalaman tersebut demi keamanan bersama di masa mendatang

0 Komentar