Tak Hanya di Sumedang, Gempa juga Mengguncang Jepang di Awal Tahun 2024 Ini! Ancaman Tsunami Besar

Tak Hanya di Sumedang, Gempa juga Mengguncang Jepang di Awal Tahun 2024 Ini! Ancaman Tsunami Besar
Tak Hanya di Sumedang, Gempa juga Mengguncang Jepang di Awal Tahun 2024 Ini! Ancaman Tsunami Besar (ist/bloomberg technoz)
0 Komentar

sumedangekspres – Tak Hanya di Sumedang, Gempa juga Mengguncang Jepang di Awal Tahun 2024 Ini! Ancaman Tsunami Besar

Baru-baru ini, gempa bumi telah mengguncang beberapa wilayah di dunia, termasuk di Indonesia dan Jepang.

Pada tanggal 31 Desember 2023, wilayah Indonesia, khususnya Sumedang di Jawa Barat, menjadi korban bencana gempa bumi. Terdapat 3 kali goncangan gempa yang menyebabkan kerusakan pada puluhan rumah dan mendorong ratusan warga untuk mencari perlindungan di rumah sakit.

Baca Juga:Korban Gempa Sumedang Bakal Terima Bantuan hingga 60 Juta Rupiah! Cek Faktanya DisiniProgram Bantuan: Para Korban Gempa di Sumedang Diberikan Dana Tunggu Hunian Rp500 Ribu per Bulan, Cek Kebenarannya Disini!

Tidak hanya di Sumedang, gempa dahsyat juga melanda Jepang di awal tahun, tepatnya pada Senin, 1 Januari 2024. Gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 7,6 dan terjadi pada siang hari.

Adapun pusat gempa berada di 42 kilometer timur laut Anamizu, Jepang dengan kedalaman 10 kilometer.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan terkait potensi tsunami. Peringatan tersebut melibatkan wilayah pesisir prefektur Ishikawa, Niigata, dan Toyama.

Dalam unggahan video yang diambil dari akun X @jalur5, seorang individu menunjukkan momen tsunami yang melanda Jepang setelah guncangan gempa bumi. Meskipun begitu, belum ada informasi pasti mengenai lokasi spesifik dari tsunami di wilayah Jepang tersebut.

Terlihat air mulai meninggi memenuhi sungai dengan laju yang tidak terlalu cepat.

Namun pada video lain yang diunggah oleh akun X @hioooomn menunjukkan laju tsunami yang sangat cepat.

Bahkan, imbas dari gempa bumi di Jepang ini membuat peringatan tsunami mencapai perairan Rusia, khususnya Pulau Sakhalin yang terletak di wilayah Kota Vladivostok di kawasan Pasifik.

Baca Juga:Alasan Mengapa Gempa Sumedang Jadi Perhatian Khusus BMKG Padahal Kekuatannya Dibawah 5!Pasca Gempa, Pemkab Sumedang Tetapkan Status Tanggap Darurat: Langkah Cepat Pasca Bencana untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Informasi mengenai potensi tsunami di Pulau Sakhalin, Rusia, disampaikan melalui layanan darurat setempat. Layanan darurat tersebut memberikan peringatan bahwa pantai barat Pulau Sakhalin berada dalam risiko terkena dampak gelombang tsunami.

Pada saat ini, Pemerintah Kota Vladivostok telah mengambil langkah-langkah untuk menginstruksikan para nelayan yang berada di laut agar segera kembali ke daratan.

Peringatan tsunami akibat gempa bumi Jepang juga dikeluarkan di wilayah Nakhodka, Rusia, selain Vladivostok.

Pada saat yang sama, gempa susulan tercatat terjadi di Jepang pada pukul 18.08 waktu setempat. Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 ini terjadi di perairan lepas pantai Semenanjung Noto. Pemerintah Jepang segera mengeluarkan peringatan tsunami sebagai respons terhadap gempa tersebut.

0 Komentar