Presiden Jokowi Akan Ke Sumedang Untuk Salurkan Bantuan Korban Gempa

Presiden Jokowi Akan Ke Sumedang Untuk Salurkan Bantuan Korban Gempa
Presiden Jokowi Akan Ke Sumedang Untuk Salurkan Bantuan Korban Gempa(tangkapan layar/ig @herman_suryatman)
0 Komentar

sumedangekspres – Presiden Jokowi Akan Ke Sumedang Untuk Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa

Presiden Jokowi rencananya akan segera mengunjungi Kabupaten Sumedang untuk memberikan bantuan kepada korban Gempa pada Jumat (5/1/2024).

Presiden Jokowi akan ke Sumedang itu disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada saat melakukan peninjauan kondisi gedung RSUD Sumedang pada Rabu (3/1/2024).

Baca Juga:Kasus HIV/AIDS Di Kabupaten Bogor Tertinggi Kedua Di Jawa BaratTim Pelatda PON Jabar Akan Segera Dikukuhan, Jabar Siap Kembali Menjadi Juara Umum

“Nanti Jumat beliau (presiden) akan datang ke sini. Nanti akan menyerahkan bantuan untuk kerusakan berat, sedang, kerusakan ringan, itu pasti akan mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk perbaikan rumahnya sendiri-sendiri,” ungkap Basuki, dikutip dari detik.com (4/1/2024).

Basuki menyatakan bahwa rumah yang mengalami kerusakan parah akan mendapatkan bantuan sebesar Rp60 juta, sementara yang mengalami kerusakan sedang akan diberikan bantuan sebesar Rp30 juta, dan yang mengalami kerusakan ringan akan mendapat bantuan sebesar Rp15 juta.

Ia mengatakan bahwa saat ini data rumah warga yang mengalami keusakan sedang diverifikasi oleh Kementerian PUPR dan BNPB.

“Ia menjelaskan bahwa data yang berasal dari tingkat bawah seperti RT dan RW, yang berjumlah sekitar 1.100, sedang dalam proses verifikasi oleh dinas PUPR, Kementerian PUPR bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan informasi,” ungkapnya.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi yang tercatat dalam aplikasi SITABAH (Sistem Informasi Tanggap Bencana dan Musibah Kabupaten Sumedang), saat ini terdapat 1.136 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa. Dari jumlah tersebut, 876 rumah mengalami kerusakan ringan, 136 rumah mengalami kerusakan sedang, dan 124 rumah mengalami kerusakan berat.

0 Komentar