KPU Percepat Tahap Sortir dan Lipat Surat Suara

KPU Percepat Tahap Sortir dan Lipat Surat Suara
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Surat suara untuk Pemilu 2024 yang sebelumnya berada di gudang logistik KPU di Jalan Prabu Gajah Agung dipindahkan ke GOR Tajimalela. Guncangan gempa bumi yang melanda Kabupaten Sumedang menjadi pertimbangannya.

Pemindahan surat suara dilakukan guna memudahkan dan mempercepat tahap sortir dan lipat surat suara, yang sudah dilakukan sejak akhir Desember 2023 lalu.

“GOR Tadjimalela dipilih karena tempatnya dinilai lebih luas dan representatif,” ujar Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi kepada awak media, Minggu (7/1).

Baca Juga:Banyak Bangunan Tidak Berkontruksi BesiWarga Jatimulya Merasakan Manfaat Bumi Asri

Diakui, sebelumnya tempat sortir dan pelipatan surat suara hanya bisa menampung satu shift-nya 100 orang saja.

“Lalu berdasarkan hasil evaluasi yang kami lakukan itu pengerjaannya cukup lama,” kata Ogi.

Ogi menuturkan, pihaknya memutuskan untuk memindahkan surat suara, dan melanjutkan sortir dan pelipatan di GOR Tadjimalela. Sebab, dapat memuat 350 orang per shift.

Dikatakan, pihaknya sudah mencari beberapa opsi, tapi karena Sumedang saat ini sedang terjadi gempa, jika dibagi beberapa tempat khawatir ada kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

“Maka kami putuskan untuk dipusatkan di GOR Tadjimalela. Disini bisa memuat 350 orang dan per hari ada dua shift, jadi setiap hari bisa 700 orang,” imbuhnya.

Adapun surat suara yang sudah selesai dilakukan sortir lipat yakni jenis surat suara DPRD Kabupaten. Sementara empat jenis surat suara lainnya, yakni presiden-wakil presiden, DPR RI, DPRD Jawa Barat dan DPD.

“Untuk empat jenis surat suara kami pusatkan di GOR Tadjimalela. Harapan kami sisa empat jenis surat suara pemilihan itu bisa selesai dalam delapan hari. Ada sekira 3 juta 660an surat suara yang akan kami lipat dari empat jenis surat suara tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga:Rumah Rusak Dapat BantuanKasus Demam Berdarah Bertambah

Dikatakan, secara umum surat suara yang diterima kualitasnya bagus, meskipun masih ditemukan sejumlah surat suara yang cacat. Surat suara cacat yang paling banyak ditemukan yakni yang sobek hingga ke garis, dan noda tinta di dalam garis. (bim)

 

0 Komentar