Ternyata Ini Formasi CPNS 2024 yang Paling Banyak, Siapkan Dirimu!

Ternyata Ini Formasi CPNS 2024 yang Paling Banyak, Siapkan Dirimu!
Ternyata Ini Formasi CPNS 2024 yang Paling Banyak, Siapkan Dirimu! (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Ternyata Ini Formasi CPNS 2024 yang Paling Banyak, Siapkan Dirimu!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan sejumlah bocoran terkait rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mencakup Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun depan.

Inilah beberapa fakta menarik terkait formasi CPNS yang diperkirakan akan dibuka pada tahun 2024.

Formasi CPNS 2024 yang Paling Banyak

1. Fokus pada Penyelesaian Persoalan Non-ASN
Pemerintah berfokus pada penyelesaian persoalan non-ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN di tahun depan.

Baca Juga:3 Fakta Rekrutmen CPNS 2024 MendatangJadwal Pendaftaran dan Formasi CPNS 2024 Beserta Cara Daftarnya

Sementara pemenuhan formasi ASN masih dalam tahap kajian, Kementerian PANRB mengungkapkan perlunya fresh graduate, terutama dokter, guru, dan talenta-talenta digital yang masih dalam proses evaluasi.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyatakan, “Kami minta didalami berapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut.”

2. Fokus Pada Pelayanan Dasar seperti Guru dan Tenaga Kesehatan
Kebijakan pemenuhan formasi ASN di tahun 2024 tetap terfokus pada pemenuhan kebutuhan ASN untuk pelayanan dasar, terutama guru dan tenaga kesehatan.

Pemerintah menargetkan pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) sebagai fokus utama pengadaan tahun depan.

“Pemerataan guru di daerah 3T menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK,” ungkap Anas.

3. Rekrutmen CASN 2024 Membidik 1,6 Juta Honorer
Menteri Anas menyatakan bahwa rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024 akan menargetkan 1,6 juta honorer yang masih harus diakomodasi. Kebijakan ini diharapkan dapat mengurangi dampak transformasi digital terhadap jabatan yang ada dan lebih mengutamakan talenta-talenta digital.

“Arah rekrutmen ASN talenta digital ini untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga:Rekruitmen CPNS 2024 Akan Dibuka, Ini Link Pendaftaran CPNS 2024 dan Cara Buat Akun SSCASNKapolres Sumedang Himbau Warga Jangan Parkir dan Selfie di Bawah Tebing Cadas Pangeran

4. Pertimbangan Jumlah Formasi dari Jumlah ASN yang Pensiun
Pertimbangan jumlah formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen CASN 2024 tidak hanya didasarkan pada sisa formasi tahun sebelumnya, tetapi juga melibatkan jumlah ASN yang akan pensiun pada tahun 2024 dan kebutuhan riil di lapangan.

0 Komentar