Tim SAR Pantau Area Rawan Banjir

PANTAU: Anggota melakukan pengecekan ke beberapa pintu air Sungai Cipager di wilayah Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, kemarin.
PANTAU: Anggota melakukan pengecekan ke beberapa pintu air Sungai Cipager di wilayah Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, kemarin.
0 Komentar

sumedangeskpres, JATINANGOR – Sat Brimob Polda Jabar, yang berlokasi di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang terjunkan Tim Siaga SAR Kompi 1 Batalyon C Pelopor. Anggota ditugaskan untuk melakukan pengecekan ke beberapa pintu air Sungai Cipager di wilayah Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Melalui informasi yang dihimpun, sungai Cipager merupakan salah satu sungai besar, yang menghubungkan Wilayah Kuningan dan Kabupaten Cirebon.

Oleh karenanya, apabila di bagian hilir terjadi hujan lebat dengan intensitas yang tinggi, bisa berpotensi air yang turun ke bagian hilir di Kabupaten Cirebon meningkat hingga mengakibatkan terjadinya banjir.

Baca Juga:Tersedot Pusaran Air, Anggota Brimob Meregang NyawaTNI Bersihkan Kawasan Rawan Banjir

Adapun kegiatan pengecekan ini dilaksanakan sebagai langkah antisipasi terhadap bencana alam.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar, Kombes Pol Yuri Karsono menyampaikan, kegiatan Patroli SAR yang dilaksanakan oleh jajarannya itu, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, apabila potensi bencana melanda bisa segera diantisipasi.

“Tim Patroli Siaga SAR melaksanakan pengecekan guna memastikan sungai yang berada di Kabupaten Cirebon ini, yang kebetulan masuk ke dalam dataran rendah, sehingga diharapkan bisa selalu bersiaga bila nantinya debit air yang meningkat saat curah hujan tinggi,” kata Karsono, Selasa (9/1).

Dijelaskan, kegiatan yang dilakukan dalam tim Patroli Siaga SAR, yakni para anggota melihat kondisi sungai dan tinggi air apakah melebihi batas normal.

“Kita ketahui hujan lebat yang terjadi tidak bisa diprediksi waktunya, dikhawatirkan menyebabkan terjadinya luapan di beberapa sungai yang mengakibatkan genangan di beberapa daerah,” jelas Karsono.

Dia memaparkan, meskipun tidak terlalu dalam, namun pemantauan tetap harus menjadi perhatian guna menentukan penanganan kedepannya, apabila terjadi bencana secara tiba-tiba.

Karsono menerangkan, kegiatan Patroli Siaga SAR yang dilaksanakan oleh Satuan Brimob Polda Jabar, merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

Baca Juga:Pemilihan BPD Dilakukan Secara LangsungPuluhan Hektare Sawah Tergenang

“Selain siaga SAR, dalam kegiatan ini para personil jajaran juga tetap memberikan imbauan Kamtibmas kepada warga, guna mengantisipasi segala macam potensi gangguan yang terjadi di tengah masyarakat,” pungkasnya. (kos)

0 Komentar