Fasilitas Park and Ride PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Meningkatkan Kenyamanan Perjalanan Penumpang

Fasilitas Park and Ride PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Meningkatkan Kenyamanan Perjalanan Penumpang
Fasilitas Park and Ride PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Meningkatkan Kenyamanan Perjalanan Penumpang (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus berupaya meningkatkan pelayanan penumpang dan kenyamanan perjalanan.

Salah satu inisiatif inovatifnya adalah dengan menyediakan fasilitas park-and-ride di beberapa stasiun kereta kecepatan tinggi, terutama stasiun kereta kecepatan tinggi Whoosh.

Fasilitas park and ride ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi penumpang yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta dan Bandung.

Baca Juga:Didukung oleh BRI Peduli, Intip Kegiatan Bertani di Tengah Kota MedanMengapa Utang Negara Menjadi Perdebatan Publik yang Penting?

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menjelaskan, 48 persen penumpang kereta cepat whoosh sebelumnya merupakan masyarakat yang rutin menggunakan mobil sendiri.

Oleh karena itu KCIC bertujuan untuk memberikan alternatif yang nyaman dan efisien yang mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum.

Fasilitas park and ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh mampu menampung ratusan mobil dan sepeda motor.

Selain itu, fasilitas serupa juga terdapat di Stasiun Kereta Cepat Halim yang berkapasitas 212 kendaraan, Stasiun Kereta Cepat Halim yang berkapasitas 107 mobil dan 220 sepeda motor, serta lahan parkir yang dikelola oleh KAI di Bandung dan Stasiun Padalarang.

Eva Chairunisa menegaskan bahwa penyediaan fasilitas Park and Ride ini tidak hanya berdasarkan jam, tetapi juga mengakomodir kebutuhan fasilitas menginap.

Ini memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang yang mungkin memerlukan tempat parkir lebih lama atau ingin menginap di sekitar stasiun.

Dalam upaya mendukung transaksi non-tunai dan efisiensi, KCIC telah mengadopsi pembayaran parkir sepenuhnya menggunakan Kartu Uang Elektronik di Stasiun Kereta Cepat Whoosh dan Stasiun Kereta Cepat Halim.

Baca Juga:Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gencar Lawan Hoaks Terkait Pemilu 2024!Pemerintah Indonesia Memberangkatkan 241 Ribu Jamaah Haji ke Tanah Suci Tahun 2024

Hal ini sejalan dengan tren global untuk meningkatkan kemudahan dan kecepatan proses transaksi.

Pentingnya keamanan juga menjadi perhatian utama KCIC. Petugas dan fasilitas keamanan telah ditempatkan di stasiun-stasiun tersebut untuk senantiasa menjaga kendaraan penumpang.

Langkah ini diambil untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang ingin menyimpan dan menitipkan kendaraannya di area parkir stasiun kereta cepat.

Dengan inovasi ini, KCIC tidak hanya memperkuat eksistensinya sebagai penyedia transportasi cepat, tetapi juga turut berkontribusi dalam mengurangi tingkat polusi dan kemacetan dengan merangsang penggunaan transportasi umum.

Fasilitas Park and Ride menjadi langkah progresif dalam mendukung transformasi menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan.***

0 Komentar