CASN 2024 Bentar Lagi Dibuka, Honorer Kapan Diangkat?

CASN 2024 Bentar Lagi Dibuka, Honorer Kapan Diangkat?
CASN 2024 Bentar Lagi Dibuka, Honorer Kapan Diangkat?/ist
0 Komentar

sumedangekspres – CASN 2024 sebentar lagi akan dibuka, lantas yang honorer kapan diangkat? Mari simak selengkapnya.

Pemerintah Republik Indonesia telah mengumumkan rencana pembukaan lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebuah langkah besar yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024, menawarkan total formasi sebanyak 2,3 juta, dengan 690.822 formasi khusus untuk CPNS yang dapat dilamar oleh para fresh graduate.

Baca Juga:Sah Dukung Prabowo-Gibran, Segini Total Kekayaan KhofifahIni 16 Negara yang Tolak Paspor Israel, Gak Ada Indonesia?

Namun, pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana nasib para honorer atau tenaga non-Aparatur Sipil Negara (ASN)?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa rekrutmen CASN tahun 2024 akan menargetkan 1,6 juta honorer yang masih menantikan pengangkatan.

Proyeksi ini mencakup sisa tenaga non-ASN, termasuk eks Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2), dari rekrutmen yang telah berlangsung hingga tahun 2023.

“Semoga dalam waktu dekat ada kebijakan untuk menangani penataan tenaga non-ASN,” ungkap Anas, memberikan harapan kepada ribuan tenaga honorer yang selama ini berkontribusi tanpa status ASN.

Menurut Anas, proyeksi non-ASN tersebut mencakup eks THK-2 sebanyak 130.495 dan tenaga honorer umum sebanyak 1.475.694.

Eks THK-2 adalah tenaga honorer yang penghasilannya tidak dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Menteri PANRB bersama Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menegaskan bahwa pemerintah tengah merancang solusi untuk pengangkatan pegawai non-ASN tersebut.

Baca Juga:18 Tahun Koma, Kini Putra Mahkota Arab Dijuluki ‘Sleeping Prince’Media Asing Soroti Prabowo: Dulu Kontroversial Kini Gemoy

Salah satu solusi yang sedang dipertimbangkan adalah mengangkat mereka menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, termasuk seleksi CPNS dan PPPK, dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024,” kata Aba.

Aba berharap bahwa pada tahap tersebut, semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dapat memasukkan data dalam platform digital.

“Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya,” tambahnya.

Pemerintah memiliki rencana untuk melaksanakan rekrutmen CASN 2024 sebanyak maksimal tiga kali dalam satu tahun.

Harapan masyarakat, termasuk para honorer, adalah agar pemerintah segera mengajukan formasi, memberikan peluang kepada ribuan tenaga non-ASN untuk mendapatkan kepastian status kepegawaian yang telah lama dinantikan.

0 Komentar