Waduh, Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Rusak

Waduh, Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Rusak
Waduh, Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Rusak (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Waduh, Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Rusak.

Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, ditemukan sebanyak 1.111 surat suara yang mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut disebabkan oleh kesalahan cetak dan sobekan yang terjadi selama perjalanan surat suara tersebut.

Ketua KPU Buton Selatan, Hastun, mengungkapkan bahwa surat suara yang mengalami masalah berasal dari beberapa jenis, dengan surat suara DPRD Provinsi menjadi yang paling banyak terkena dampak, mencapai 311 surat suara.

Baca Juga:Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Naik Usai Khofifah Gabung ke TKN?Mesin ATM di Kelapa Gading Dibobol Maling, Rp157 Juta Dibawa Kabur

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini telah dimulai sejak Minggu (7/1/2024), melibatkan sekitar 87 tenaga dari warga sekitar.

“Surat suara yang bermasalah itu kita temukan di beberapa jenis surat suara. Itu yang paling banyak di surat suara DPRD Provinsi sejumlah 311 surat suara,” ujar Hastun.

Kerusakan yang terjadi pada surat suara melibatkan sejumlah kategori, seperti terkena cipratan tinta dan sobekan pada fisik surat suara.

Proses penyortiran ini menjadi krusial dalam memastikan bahwa setiap surat suara yang digunakan dalam pemilihan nantinya berada dalam kondisi yang baik dan dapat dipergunakan dengan benar.

Meskipun proses pelipatan surat suara hampir rampung, KPU Buton Selatan berencana untuk melaporkan temuan surat suara yang rusak kepada KPU RI dan KPU Provinsi.

Setelah itu, mereka berupaya untuk mengajukan penggantian surat suara yang rusak dengan surat suara yang baru.

“Proses pelipatan hampir rampung dan kemudian kita akan menghitung berapa jumlah surat suara yang rusak dan kemudian kita akan ajukan kembali di KPU RI dan KPU Provinsi agar surat suara itu diganti,” jelas Hastun.

Baca Juga:Geger! Kartel Narkoba Bajak Stasiun TV dan Kuasai Ibukota, Presiden Ekuador Umumkan PerangTernyata Ini Penyebab Longsor Cipondok Subang

Di samping itu, Hastun juga memberikan informasi terkait jumlah daftar pemilih tetap di Kabupaten Buton Selatan, yang mencapai 65.572 orang dengan tambahan 2 persen menjadi 67.044 orang.

Meskipun temuan surat suara rusak merupakan kendala dalam persiapan pemilihan, KPU Buton Selatan berkomitmen untuk mengatasi masalah tersebut agar proses pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan adil.

Demikian pembahasan mengenai Waduh, Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Rusak.***

0 Komentar