Jelang Pemilu, Disdukcapil Kejar Perekaman KTP

Jelang Pemilu, Disdukcapil Kejar Perekaman KTP
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Dalam upaya memenuhi identitas kependudukan bagi anak usia pemula dan persiapan Pemilu 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang menggelar Layanan Jemput Bola Rekam KTP Elektronik di 11 desa di Kecamatan Cimanggung. Layanan tersebut difokuskan pada siswa SMA atau SMK dan seluruh warga se-Kecamatan Cimanggung.

Operator sistem informasi administrasi kependudukan Kecamatan Cimanggung, Dendy Selfian, menyatakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) menjadi salah satu persyaratan utama untuk menjadi pemilih dalam Pemilu 2024. Hal ini bertujuan agar pemula tidak kehilangan haknya sebagai warga negara yang berhak memilih.

Dendy menjelaskan bahwa pihaknya telah menjadwalkan dan menghubungi sembilan dari 11 desa yang menjadi sasaran perekaman KTP-el. Sisanya dua desa akan segera didatangi untuk memastikan bahwa semua warga pemula ataupun siswa berusia 16-17 tahun telah direkam.

Baca Juga:KPU Targetkan Partisipasi Pemilih 84 PersenPSI Apresiasi Deklarasi Rejo Semut Ireng

Langkah tersebut disambut baik oleh masyarakat, terutama pemula, karena mempermudah proses perekaman. Masyarakat hanya perlu mendatangi kantor desa tanpa harus repot-repot pergi ke kantor Disdukcapil.

Dandry menyebut, bahwa pihaknya telah menyurat dan memberikan informasi kepada pihak desa terkait rencana perekaman KTP-el.

“Harapannya, menjelang Pemilu 2024, semua pemula telah melakukan perekaman dan memiliki KTP-el, memastikan bahwa hak pilih mereka dapat digunakan sepenuhnya,” tuturnya. (kos)

 

0 Komentar