Antre Upah Sortir Lipat Surat Suara

PADATI: Ratusan orang para pekerja sortir dan lipat mengantre untuk mendapatkan uang gajian. Pembagian upah dilaksanakan di halaman Kantor KPU Sumedang, baru-baru ini.
PADATI: Ratusan orang para pekerja sortir dan lipat mengantre untuk mendapatkan uang gajian. Pembagian upah dilaksanakan di halaman Kantor KPU Sumedang, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sebanyak 700 orang para pekerja sortir dan lipat mengantre untuk mendapatkan uang gajian. Pembagian upah dilaksanakan di halaman Kantor KPU Sumedang, baru-baru ini.

Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, KPU Sumedang telah menyelesaikan sortir dan lipat untuk lima jenis surat suara mulai dari 28 Desember 2023.

“Kami ada dua kali melakukan sortir. Pertama dilakukan di gudang 1 yang kapasitasnya ruangnya 100 orang dibagi menjadi 3 shif. Jadi sehari itu ada 300 orang,” katanya.

Baca Juga:Jendral Ajak Perantau Ingat Kampung HalamanMobil Dilarang Melintas Jembatan Merah

Dikatakan, kemudian hasil evaluasi, dari 1 jenis pemilahan tersebut karena didahulukan untuk jenis pemilihan untuk DPRD kabupaten, hasilnya masih di bawah target.

“Maka, kemudian kami mencoba mencari berbagai alternatif gudang lainnya. Tetapi hasil yang kami temukan ternyata tidak terlalu besar. Karena, maksimal 150 dan kemudian Sumedang ada gempa,” katanya.

Dia pun mencontohkan, kalau dibagi menjadi beberapa tempat, meskipun juga akan menjadi kekhawatiran.

Lalu, lanjut Ogi, dia pun berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan GOR Tadjimalela dengan kapasitas yang cukup besar. Ketika selesai untuk satu jenis pemilihan DPRD kabupaten, langsung dipindahkan kesana.

“GOR Tadjimalela itu sehari bisa 700 orang. 1 shift nya itu 350 orang untuk sortir dan lipat. Alhamdulillah ketika kami pindahkan ke Tadjimalela dari target tanggal 13 selesai, tanggal 12 itu sudah selesai,” terangnya.

Menurutnya, ada percepatan pada saat dipindahkan karena terkait dengan sumber daya yang cukup banyak dan waktu bekerja juga relatif lebih cepat, ketika dipindahkan ke tempat yang jauh lebih representatif.

“Untuk pekerja kami merekrut pertama di sekitar kantor KPU, yang memang mereka biasanya melakukan sortir lipat,” kata Ogi.

Baca Juga:Akses Jalan Wisata Rusak Parah, Bertahun-tahun Dibiarkan, Hingga Memakan KorbanRatusan Naker Sumedang Siap ke Jepang

Kata dia, pada pemilu sebelumnya sortir lipat dilalukan di Aula Kantor KPU, mereka yang dekat dengan Kantor KPU sudah terbiasa bekerja untuk pelipatan.

“Kami ingin memberlakukan pemberdayaan bagi masyarakat ini, terutama ibu-ibu. Alhamdulillah tadi pendistribusian uang hasil kerja lipat kertas, kemudian langsung di skincare ibu-ibu,” ungkapnya sambil guyon.

Terkait dengan surat suara, lanjut Ogi, surat suaranya masing-masing itu sebanyak 916.071 lembar yang dilakukan sortir dan lipat di masing-masing jenis pemilihan. (bim)

0 Komentar