PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Bangun PLTS Atap di Sumedang

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Bangun PLTS Atap di Sumedang
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Bangun PLTS Atap di Sumedang(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Bangun PLTS Atap di Sumedang

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, secara resmi mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di fasilitas pabrik Garudafood di Sumedang, Jawa Barat. PLTS ini memiliki kapasitas sebesar 810 kilowatt peak (kWp). Dengan pemasangan PLTS Atap di Sumedang ini, Garudafood telah berhasil mengurangi emisi karbon sekitar 1.000 ton di setiap tahunnya, setara dengan efek menanam 114.000 pohon dalam satu tahun.

Tindakan ini diambil untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam mempercepat peralihan menuju target dan campuran energi yang berasal dari sumber energi baru dan terbarukan (EBT). Selain itu, langkah ini dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim dan pemanasan global.

Baca Juga:Pj Bupati Herman Kunjungi Pasar Situraja Untuk Mengecek Harga Kebutuhan PokokKKN Tematik 2024 di Sumedang Libatkan 2.510 Mahasiswa Dari 51 Perguruan Tinggi

Peresmian PLTS Atap ditandai dengan penekanan layar videotron oleh Hardianto Atmadja, yang menjabat sebagai Presiden Direktur Garudafood. Ia didampingi oleh para Direksi Garudafood, yaitu Fransiskus Johny Soegiarto, Basuki Nur Rohman, dan Telly Steven Saidito. Serta hadir pula Audwin Purwadi, yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna), perusahaan pengembang PLTS tersebut.

Hardianto menyatakan bahwa panel PLTS Atap di Sumedang memiliki kapasitas untuk menghasilkan lebih dari 1.200 megawatt hour (MWh), yang seluruhnya dialirkan dan digunakan untuk mendukung kegiatan utama dan kegiatan pendukung dalam proses produksi.

Dalam pernyataan tertulisnya, Hardianto mengungkapkan bahwa menghadapi pertumbuhan bisnis yang terus berlangsung, perusahaan telah berkomitmen untuk mengintegrasikan kegiatan operasionalnya.

Emiten dengan kode saham GOOD ini terus berupaya mengurangi dampak lingkungan dan jejak karbon yang dihasilkan oleh sumber energi konvensional melalui adopsi teknologi dan inovasi ramah lingkungan, optimalisasi penggunaan sumber daya, manajemen limbah produksi, hingga penerapan praktik ekonomi sirkular di Garudafood.

“Selain itu, kami juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar wilayah operasional kami melalui program-program sosial dan kemitraan berkelanjutan,” kata Hardianto Atmadja pada saat peresmian PLTS Atap Pabrik Garudafood di Sumedang pada Kamis (18/1/2024).

0 Komentar