Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Ini Kata Menhub!

Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Ini Kata Menhub!
Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Ini Kata Menhub!(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Ini Kata Menhub!

Kecelakaan tabrakan kereta api antara KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya. Kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1/2024) lalu. Atas kejadian itu dilaporkan 4 orang meninggal dunia diantaranya masinis dan kondektur KA.

Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka

Menhub Budi Karya mengatakan bahwa penyebab tabrakan kereta api di Cicalengka adalah terjadinya Human error atau kesalahan manusia.

Hal itu didasarkan pada hasil identifikasi. Diduga ada kesalahan teknis dan pelanggaran standar operasional prosedur (SOP).

Baca Juga:Survei Prabowo-Gibran Kuasai Jawa Barat dan Timur, Ganjar-Mahfud Tetap di Jawa TengahKemungkinan Dony Ahmad Munir Bertarung Dengan Erwan Setiawan Pada Pilkada 2024

“Ada satu kemungkinan, bahwa ada kesalahan teknis, pelanggaran SOP dari faktor manusia, dan hal-hal lainnya yang sedang kita proses,” kata Budi Karya, dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi II DPR RI, di Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari detikFinance, Jumat (19/1/2024).

Budi Karya menyatakan bahwa ia telah memberikan saran kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai langkah-langkah tindak lanjut terkait tragedi ini. Dalam waktu singkat, untuk langkah awalnya adalah melakukan reformasi terhadap sumber daya manusia (SDM) dan memperbaiki prosedur operasional standar (SOP).

Langkah berikutnya adalah mendorong pengembangan jalur ganda, terutama mengingat bahwa jalur kereta di Bandung dan Pamulang masih menggunakan satu jalur atau jalur tunggal. Selain itu, juga akan dilakukan perbaikan terkait masalah sinyal.

Ia menyatakan lebih lanjut bahwa dalam waktu dekat, akan mengajukan laporan mengenai hasil dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Selain itu, dia memastikan bahwa pihaknya telah mengambil berbagai langkah mitigasi sebagai respons terhadap situasi ini.

0 Komentar