Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang Hari Ini: Sabtu, 20 Januari 2024

Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang Hari Ini: Sabtu, 20 Januari 2024
Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang Hari Ini: Sabtu, 20 Januari 2024 (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk Kabupaten Sumedang pada hari ini, Sabtu, 20 Januari 2024.

Menurut BMKG, cuaca di sejumlah daerah di Jawa Barat masih berpotensi hujan dalam rentang waktu 16-22 Januari 2024.

Masyarakat di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis atau dampak cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

Prakiraan Cuaca Regional

Baca Juga:BMKG Melaporkan Kini Sumber Gempa Sumedang Sudah Stabil!Menghadapi Ancaman Bullying dan Pelecehan Seksual terhadap Anak, Kejari Sumedang Dorong Peningkatan Edukasi dan Literasi

Berdasarkan pemantauan kondisi global, regional, dan lokal, serta menggunakan model deterministik dan probabilistik, BMKG memperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Terdapat kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat, disertai petir ataupun kilat dan angin kencang, yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat di beberapa wilayah.

Peringatan Cuaca Ekstrem

Masyarakat di Kabupaten Sumedang diimbau untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem, terutama pada sore hari.

Potensi cuaca ekstrem melibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir, serta angin kencang.

Kejadian ini dapat terjadi pada hari dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Tanda-tanda khusus yang perlu diwaspadai adalah jenis awan yang berwarna gelap dan menjulang tinggi, seringkali mirip dengan kembang kol.

Awan tersebut dapat memiliki landasan pada puncaknya dan termasuk dalam kategori Cumulonimbus.

Baca Juga:Bidik 3,7 juta Pelaku UMKM, BRI Targetkan Penyaluran KUR Rp165 Triliun Rampung Pada September 2024Mewaspadai Ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD): Hujan Menjadi Pemicu!

Dengan tetap waspada dan mengikuti anjuran dari BMKG, diharapkan masyarakat dapat mengurangi potensi risiko dan dampak yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca ekstrem.***

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang Hari Ini: Sabtu, 20 Januari 2024.

0 Komentar