Ejek Mahfud dan Langgar Aturan Debat, Gibran Dapat Sentimen Negatif Tertinggi

Ejek Mahfud dan Langgar Aturan Debat, Gibran Dapat Sentimen Negatif Tertinggi
Ejek Mahfud dan Langgar Aturan Debat, Gibran Dapat Sentimen Negatif Tertinggi (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Ejek Mahfud dan Langgar Aturan Debat, Gibran Dapat Sentimen Negatif Tertinggi.

Analisis sentimen dari Drone Emprit mengungkapkan bahwa calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mencatatkan sentimen negatif tertinggi di media sosial Twitter selama debat keempat Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Analisis ini melibatkan kicauan warganet di Twitter yang terjadi pada Minggu (22/1/2024) pukul 19.00-22.00 WIB.

Baca Juga:Desak Anies di Yogyakarta Batal Digelar, Izin Acara DicabutMedia Asing Soroti Gibran Usai Debat Pilpres 2024 : Kasar dan Ingin Terlihat Pintar

Sentimen negatif terhadap Gibran mencapai 60 persen, sedangkan sentimen positif hanya mencapai 33 persen.

Analisis ini memberikan gambaran bahwa ada sentimen yang kurang menguntungkan atau permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh Gibran Rakabuming di media sosial selama periode waktu tersebut.

Beberapa alasan yang menyebabkan Gibran mendulang sentimen negatif tinggi di antaranya adalah karena melanggar aturan dengan meninggalkan podium saat berbicara, yang sebelumnya juga pernah dilakukannya pada debat kedua Pilpres 2024.

Kritik juga ditujukan padanya karena dinilai mengejek cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, dan dikatakan sombong serta ingin merendahkan lawannya.

Selain itu, kritik terhadap Gibran juga mencakup penggunaan istilah-istilah teknis yang dianggap konyol dan pernyataan yang dinilai tidak konsisten terkait program hilirisasi dan semangat green jobs.

Meskipun demikian, sebagian pengguna media sosial tetap memberikan sentimen positif terhadap Gibran dengan menyebutkan kemampuan berbicaranya yang baik dan fokus pada visi misi tanpa menggunakan teks atau bisikan.

Debat keempat Pilpres 2024 membawa dampak signifikan pada persepsi masyarakat terhadap cawapres. Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mendapat sentimen positif paling besar dalam analisis Drone Emprit. Muhaimin mendulang sentimen positif mencapai 80 persen, sedangkan Mahfud MD mencapai 79 persen. Sentimen negatif terhadap keduanya juga relatif rendah.

Baca Juga:Ditantang Anaknya, Ibu Ini Siksa Anak Sendiri Dengan SadisHari Ini Ulang Tahun ‘Sang Ibu’ ke-77

Muhaimin dan Gibran menjadi nama-nama yang paling banyak disebut di Twitter selama debat, sementara Mahfud MD paling sedikit disebut. Meskipun Muhaimin dan Gibran memiliki volume percakapan yang hampir sama, sentimen mereka berbeda secara signifikan, dengan Muhaimin mendapatkan pandangan yang sangat positif dan Gibran mendapatkan pandangan yang mayoritas negatif.

Berikut perincian hasil analisis Drone Emprit terkait sentimen warganet di Twitter terhadap tiga sosok cawapres saat debat 22 Januari 2024:

0 Komentar