Cimahi Menjadi Kota Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak di Jawa Barat, Ini Strategi Pemkot

Cimahi Menjadi Kota Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak di Jawa Barat, Ini Strategi Pemkot
Cimahi Menjadi Kota Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak di Jawa Barat, Ini Strategi Pemkot(istimewa/ilustrasi)
0 Komentar

sumedangekspresCimahi Menjadi Kota Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak di Jawa Barat, Ini Strategi Pemkot

Menurut data dari data Badan Pusat Statistik , tingkat Pengangguran Terbuka di Kotan Cimahi menyentuh angka 10,52 persen dan merupakan jumlah pengangguran terbanyak di Jawa Barat.

“Tahun 2023 angka pengangguran terbuka 10,52 persen atau 33.192 orang berdasarkan data hasil survey BPS,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Cimahi Asep Jayadi, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga:Kabupaten Cirebon Diproyeksikan Menjadi Daerah Industri Kawasan RebanaDelegasi Singapura Apresiasi Transformasi Digital Sumedang

Ia juga menjelaskan sebenar angka tersebut mengalami penurunan di banding dua tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 angka TPT mencapai 10,77 persen dan 2021 dengan 13,07 persen. Namun angka tersebut masih tertinggi dibanding dengan kota lainnya di Jabar.

Strategi Pemkot Cimahi

Salah satu strategi yang akan dilakukan Pemkot Cimahi menurut Asep mengatakan, pihaknya akan melakukan peningkatan kualitas SDM berbasis kompetensi.

Salah satunya yaitu dengan melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga penempatan kerja di sejumlah SMK.

“Ini termasuk kerjasama penempatan-penempatan kerja. Jadi warga tidak hanya mendapat pelatihan, tetapi kita salurkan untuk penempatan kerja. Job fair juga beberapa kali kami gelar, ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengatasi pengangguran terbuka di Kota Cimahi,” katanya, dikutip dari harapanrakyat.com.

0 Komentar