Disdukcapil Sumedang Bergerak Cepat Melakukan Perekaman Dalam Menyambut Pemilu 2024, Kesiapan dan Antusiasme Perekaman Pemilih Pemula

Disdukcapil Sumedang Bergerak Cepat Melakukan Perekaman Dalam Menyambut Pemilu 2024, Kesiapan dan Antusiasme Perekaman Pemilih Pemula
Disdukcapil Sumedang Bergerak Cepat Melakukan Perekaman Dalam Menyambut Pemilu 2024, Kesiapan dan Antusiasme Perekaman Pemilih Pemula(Kadisdukcapil Sumedang, Bangbang Kustiantoro saat diwawancara terkait pendaftaran E-KTP di kantornya)
0 Komentar

sumedangekspres – Disdukcapil Sumedang Bergerak Cepat Melakukan Perekaman Dalam Menyambut Pemilu 2024, Kesiapan dan Antusiasme Perekaman Pemilih Pemula, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumedang maksimalkan pendaftaran E-KTP dengan kemudahan.

Hal tersebut merupakan persiapan menuju Pemilu 2024.

“Kami mendapat gambaran menyeluruh tentang upaya mereka untuk mencatatkan setiap warga Sumedang,” ujar Kadis Dukcapil Sumedang, Bangbang Kustiantoro saat ditemui Sumeks, Kamis 25-Januari-2024.

Disdukcapil Sumedang Bergerak Cepat Melakukan Perekaman Dalam Menyambut Pemilu 2024

Dikatakan, inisiatif perekaman mobile yang dimulai sejak Oktober lalu dan direncanakan rampung pada 10 Februari 2024.

Baca Juga:Meningkatkan Sosialisasi Kewaspadaan Bencana Gempa di MA/MTS Al-Falaahiyah Desa Cikoneng KulonMenuju Ruang Digital yang Sehat: Diskominfosanditik Sumedang Terlibat Aktif dalam Literasi Digital Pemerintahan

“Setiap hari, petugas kami turun ke lapangan untuk memastikan setiap warga tercatat,” imbuhnya.

Dari 25 ribu pemilih pemula di Sumedang, hanya tinggal 5 ribu yang belum melakukan perekaman dan batas waktu hingga 10 Februari 2024.

Salah satu aspek menarik adalah dukungan penuh dari sebagian besar sekolah terhadap kegiatan perekaman tersebut.

“Kami berusaha menyesuaikan jadwal dengan kegiatan belajar mengajar agar tidak mengganggu proses pendidikan,” jelasnnya.

Meski pelayanan mobil E-KTP bergerak setiap hari, masih ada sebagian warga yang belum melakukan perekaman.

Bangbang berharap agar antusiasme masyarakat dapat memberikan dorongan agar semua warga tercatat.

Menanggapi kritik terkait biaya administrasi, Bangbang menegaskan, semua layanan di Disdukcapil Sumedang gratis.

“Kami ingin menghilangkan persepsi bahwa mengurus administrasi kependudukan berbiaya,” ujarnya.

Baca Juga:Tragedi Misterius: Jasad Laki-laki Asal Majalengka Ditemukan Tergeletak di Saung Penampungan Getah di SumedangDaftar Artis Mainkan Karakter Geek di Drama Korea, Salah Satunya Ada Ryu Hye Young

Ia menekankan bahwa proses perekaman E-KTP kini lebih efisien, hanya memerlukan fotokopi kartu keluarga.

Dengan penuh optimisme, Bangbang menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan pergerakan jemput bola.

Diharapkan masyarakat merespon supaya ada titik temunya, agar perekaman maksimal.

“Dalam konteks pemilihan umum dan keperluan administrasi lainnya, Disdukcapil Sumedang membuka pintu dengan kemudahan, tanpa beban biaya. Inisiatif ini tidak hanya merangsang partisipasi pemilih pemula, tetapi juga menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” pungkasnya.

0 Komentar