Penyelenggara Pemilu Harus Jujur

Ketua PPS Rancamulya Wawan Hudaya saat monitoring verifikasi data anggota KPPS yang dilantik.
Ketua PPS Rancamulya Wawan Hudaya saat monitoring verifikasi data anggota KPPS yang dilantik.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sebanyak 147 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Rancamulya dilantik di Gedung Olah Raga (GOR) Rancamulya. Pelantikan mengacu pada arahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

“Hari ini kami sebagai Badan Adhoc di wilayah Kabupaten Sumedang ditingkat desa, melaksanakan pelantikan anggota KPPS Desa Rancamulya, yang mana kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia,” ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Rancamulya, Wawan Hudaya, kemarin.

Pelantikan diisi dengan sumpah dan janji serta penandatanganan fakta integritas.

“Pada intinya diharapkan para anggota KPPS bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing, karena semenjak Kamis (25/1) sampai dengan Minggu (25/2), itu masih berlaku masa tugas dari semua anggota KPPS,” ujarnya.

Baca Juga:Tol Gelap Gulita, Tiga Mobil TabrakanRatusan Anggota KPPS Jatihurip dilantik

Wawan mengatakan, sistem pelaporan hasil perhitungan suara pada Pemilu 2024 memakai format’format dan pemahaman baru dalam isian C hasil. Maka akan dilaksanakan Bimbingan teknik (Bimtek) selama tiga hari.

“Bimtek dilaksanakan pada 26 sampai 28 Januari, karena kami ada 21 Tempat Pemungutan Suara (TPS) jadi per hari 7 KPPS melaksanakan Bimtek isian C hasil,” katanya.

Wawan meminta kepada seluruh anggora KPPS harus jujur dan adil. Karena satu suara menetukan arah politik dan arah pembangunan di pemerintahan pusat, pemerintahan provinsi, dan pemerintah kabupaten.

“Dan sudah tugas anggota KPPS, mulai hari ini anggota harus rutin memberitahukan pada warga masyarakat, bahwa Pemilu dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 Februari tahun 2024, yaitu pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara,” sambung Wawan.

Ia juga menghimbau warga Desa Rancamulya datang ke TPS pasa waktu Pemilihan umum (Pemilu) dilaksanakan.

“Untuk warga masyarakat Desa Rancamulya pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 kami mohon untuk datang berbondong ke TPS masing-masing untuk menggunakan hak pilihnya,” pungkas Wawan. (ahm)

0 Komentar