Pertemuan Bilateral Presiden Tanzania dengan Presiden RI di Istana Bogor

Pertemuan Bilateral Presiden Tanzania dengan Presiden RI di Istana Bogor
Pertemuan Bilateral Presiden Tanzania dengan Presiden RI di Istana Bogor(istimewa/Instagram @jokowi)
0 Komentar

sumedangekspres – Pertemuan Bilateral Presiden Tanzania dengan Presiden RI di Istana Bogor

Kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan dengan Presiden RI Joko Widodo belum lama ini.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral dan juga mempererat hubungan kedua negara.

Baca Juga:BI NTB Melaksanakan Studi Tiru ke Jawa Barat Untuk Tekan Laju InflansiSMK Terbaik di Indonesia Ada di Sumedang, Ini Data Menurut Kemendikbud

Dilansir dari instagram resmi Presiden RI @jokowi, Kunjungan kenegaraan perdana Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan ke Indonesia, berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis, 25 Januari 2024.

Setelah upacara penyambutan, kami menanam pohon perdamaian (Barringtonia asiatica) bersama di halaman belakang Istana Bogor. Kunjungan ini semakin mempererat persahabatan kedua negara serta meningkatkan kerja sama konkret di berbagai bidang, mulai dari perdagangan hingga kesehatan.

Pembahasan kami hari ini di antaranya:
Pertama, preferential trade agreement akan dibentuk untuk meningkatkan perdagangan dan peluncuran negosiasinya dimulai tahun ini.

Kedua, mengenai negosiasi antara Medco Energi untuk kerja sama LNG dan rencana investasi ESSA di bidang pupuk diharapkan dapat segera terealisasi. Pembentukan bilateral investment treaty untuk perlindungan investasi kedua negara sangatlah penting.

Ketiga, terkait komitmen kerja sama revitalisasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan, pelatihan sumber daya manusia bidang migas dan pertanian, serta penerapan National Single Window System.

Keempat, untuk bidang kesehatan, perusahaan farmasi Indonesia berkomitmen memenuhi kebutuhan medis di Tanzania. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dengan Otoritas Obat dan Medis Tanzania harus melakukan penjajakan intensif demi mempercepat registrasi produk farmasi.

Selain itu juga terkait situasi di Gaza, kedua negara memiliki kesamaan posisi dan akan terus berkoordinasi untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Baca Juga:Bagaimana Sejarah Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Berikut Informasinya!Mengenal Mahkota Binokasih Mahkota Padjajaran Yang Berada di Sumedang

Kunjungan pertemuan Presiden Tanzania dengan Presiden RI tahun ini sekaligus memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Tanzania.

0 Komentar