Tepat 19 Hari Menuju Pemungutan Suara, KPU Tanam Jutaan Bibit Pohon Kayu

Tepat 19 Hari Menuju Pemungutan Suara, KPU Tanam Jutaan Bibit Pohon Kayu
Tepat 19 Hari Menuju Pemungutan Suara, KPU Tanam Jutaan Bibit Pohon Kayu
0 Komentar

sumedangekspresKomisi Pemilihan umum (KPU) Sumedang melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik 25.599 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 3 657 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPPS merupakan kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat Desa untuk menyelenggarakan pemungutan suara di TPS. KPPS terdiri dari tujuh orang anggota, pada pelaksanaan Pemungutan Suara, TPS akan dijaga oleh dua orang petugas keamanan TPS.

“Alhamdulillah hari ini kami telah melaksanakan pelantikan KPPS secara serentak, ada sebanyak 25.599 orang anggota KPPS di Sumedang yang dilantik. Pasca pelantikan kami juga melakukan penanaman pohon disetiap TPS,” ujar Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, melalui aplikasi perpesanan yang diterima redaksi Sumeks, Jumat (25/1).

Baca Juga:Fakta Menarik Tinta Pemilu di Indonesia!Guru Besar Antropologi Hukum UI: Debat Calon Wakil Presiden Kehilangan Substansi

Pemilu 2024, kata Ogi, walaupun sebagian tahapan sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan digital, namun sebagian besar logistik masih Pemilu masih menggunakan bahan baku kertas seperti untuk kebutuhan surat suara, formulir-formulir, salinan-salinan kotak suara dan bilik suara.

“Pemilu tahun 2024, walaupun sebagian tahapan sudah paperless, tapi untuk logistik pemilu masih banyak menggunakan kertas,” terangnya.

Sebagai bentuk komitmen KPU pada pelestarian alam, sambung Ogi, maka selepas pelantikan KPPS, pihaknya melakukan penanaman pohon.

“Kami menanam pohon sejumlah TPS yaitu 3.657,” sebut Ogi.

Dia menerangkan, secara nasional, total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas.

“KPU menanam 5.709.898 bibit pohon setara dengan 66.234.816 kg atau 66.234 ton. Maka jumlah pohon yang ditanam KPU hampir setara dengan jumlah kebutuhan kertas yang digunakan KPU,” bebernya.

Pasca pelantikan, kata Ogi, KPPS akan dibimtek oleh PPS didampingi PPK dan KPU. “Bimtek kali ini berbeda dari sebelumnya, jika pemilu sebelumnya hanya satu orang yang Bimtek, untuk pemilu 2024 semuanya anggota KPPS 7 orangnya yang di Bimtek,” katanya.

Hal itu pihaknya lakukan dengan meningkatkan kualitas layanan pada pemilih pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

Baca Juga:Daftar Harga Bahan Pokok Jumat, 26 Januari 2024: Kenaikan dan Penurunan Terpantau di Tingkat NasionalIndonesia: Potensi Menjadi Pusat Industri Motor Listrik Dunia di 2030

Pelantikan KPPS kali ini juga, kata Ogi, bahwa KPU memecahkan tiga rekor MURI, yaitu pelantikan penyelenggara pemilu secara serentak terbanyak, bimtek kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak dan penanaman bibit pohon secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

0 Komentar