Serentak, 2.191 Anggota KPPS Dilantik

Serentak, 2.191 Anggota KPPS Dilantik
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Sumedang Utara secara serentak melantik sebanyak 2.191 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mengisi 313 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayahnya.

“Setelah pelantikan setiap satu TPS melaksanakan penanaman bibit pohon keras, minimal satu bibit pohon buah-buahan seperti alpukat dan rambutan. Diharapkan akan lebih memberikan manfaat untuk semua, menuju Indonesia emas 2045 mulai dari desa dan kelurahan, desa maju Indonesia maju,” ucap Sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sumedang Utara Endang Rohman SIp., kepada Sumeks baru – baru ini.

Kemudian, lanjutnya, setelah pelantikan dilaksanakan akan dilakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) untuk pengisian pelaporan C hasil, bagi desa atau kelurahan. Sedangkan waktu pelaksanannya tiga hari dimulai dari hari Jum’at sampai Minggu, 26 sampai 28 Januari.

Baca Juga:90 Persen KPPS Situ Sudah Paham Teknis AMS Dukung Dony Ahmad Munir Jadi Bupati

Sementara, untuk desa yang TPSnya sedikit dilaksanakan dua hari, Sabtu dan Minggu 27 dan 28 Januari.

“Adapun tujuan dari Bimtek yaitu agar anggota KPPS memahami tugas dan fungsinya sebagai anggota KPPS,” ujarnya

Endang menuturkan, dalam Bimtek anggota KPPS diberikan beberapa materi dan tips agar KPPS tidak pulang subuh.

“Diantaranya pertama hitung jumlah DPT (daftar pemilih tetap) awal. Dua hitung jumlah DPT laki-laki dan perempuan, tiga hitung jumlah surat suara yang diterima. Empat Isi berita acara yang bisa diisi terlebih dahulu, misalnya nama provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, desa atau kelurahan serta nama KPPS. Lima tetap fokus dan jangan panik serta tetap menjaga kekompakan,” paparnya.

Endang berharap, apabila semua proses selesai dilaksanakan termasuk Bimtek, pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan lancar di wilayahnya.

“Semua anggota KPPS harus menjaga kesehatan dan berdo’a, mudah-mudahan hasil Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai, serta partisipasi dari pemilih bisa maksimal. Jangan sampai ada pemungutan suara ulang (PSU) di wilayah kita, khususnya di Kecamatan Sumedang Utara,” pungkasnya. (ahm)

OPTIMIS: Sekretaris PPK Kecamatan Sumedang Utara, Endang Rohman SIp, saat monitoring penanaman pohon seusai menghadiri pelantikan KPPS di Desa Jatihurip baru – baru ini.

0 Komentar