Efek Samping Mengkonsumsi Minuman Kolagen Secara Berlebihan!

Efek Samping Mengkonsumsi Minuman Kolagen Secara Berlebihan!
Efek Samping Mengkonsumsi Minuman Kolagen Secara Berlebihan! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspresKolagen merupakan protein yang secara alami dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit dan juga Kesehatan sendi.

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh dapat menurun.

Dan bagi sebagain orang tentunya menerapkan cara untuk mengatasinya yakni selain dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kolagen juga dengan mengkonsumsi minuman kolagen karena diketahui bisa membantu meningkatkan jumlah kolagen, yang biasanya dengan bentuk suplemen, dan ada juga beberapa produsen yang mengemasnya menjadi minuman kolagen.

Baca Juga:Deretan Makanan Kaya Akan Kolagen yang Baik Untuk Kulit Anda!Unik dan Beragam! 5 Olahan Hidangan Ceker Ayam dari Berbagai Negara

Minuman kolagen tentunya tergolong aman jika dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Namun beberapa orang bisa saja merasakan keluhan atau efek samping tertentu setelah mengkonsumsi minuman kolagen.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa efek samping minuman kolagen yang mungkin bisa saja terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:

  1. Gangguan pencernaan, yang bisa berupa kram perut, perut kembung, diare, atau sulit BAB. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan biotin di dalam minuman kolagen.
  2. Batu ginjal, orang dengan Riwayat batu ginjal sebaiknya menghindari konsumsi minuman kolagen, karena pada umumnya mengandung asam amino hydroxyproline yang bisa meningkatkan kadar asam oksalat di dalam tubuh. Hal tersebut dapat memicu terbentuknya batu ginjal.
  3. Gangguan tidur, biasanya produsen minuman kolagen mungkin saja menambahkan beberapa bahan lain, misalnya ekstrak tanaman herbal atau vitamin, seperti biotin yang justru dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.
  4. Timbulnya reaksi alergi, beberapa minuman kolagen ternyata mengandung bahan pemicu alergi contohnya ikan, kerang, atau pun telur yang bila dikonsumsi oleh beberapa orang mungkin saja dapat menimbulkan reaksi alergi.
  5. Hiperkalsemia adalah kondisi medis ketika kadar kalsium dalam darah terlalu tinggi melebihi batas normal.

Itulah pembahasan mengenai beberapa efek samping yang mengkonsumsi suplemen kolagen yang perlu anda waspadai.

Mengkonsumsi kolagen memang diperbolehkan namun anda tidak boleh berlebihan mengkonsumsinya dan harus sesaui dengan takaran yang dianjurkan.

Ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli sebelum mengkonsumsinya guna mencegah timbulnya efek samping.

0 Komentar