Lagu Taylor Swift dan BTS Menghilang di TikTok, Tiktok Ko Gitu ya

Lagu Taylor Swift dan BTS Menghilang di TikTok, Tiktok Ko Gitu ya
Lagu Taylor Swift dan BTS Menghilang di TikTok, Tiktok Ko Gitu ya (credit by: Universal Music Group)
0 Komentar

sumedangekspres – Lagu Taylor Swift dan BTS menghilang di TikTok, Tiktok Ko Gitu ya.

Universal Music Group (UMG) resmi menarik semua musik dari musisi yang dinaungi oleh UMG dari platform sosmed tiktok 1 Februari 2024.

Hal tersebut dilakukan disebabkan karena ada permasalahan royalti.

Dengan adanya permasalahan Lagu Taylor Swift dan BTS menghilang di TikTok, musik resmi dari Taylor Swift, Sting, The Weeknd, SZA, Drake, Billie Eilish, U2, Ariana Grande, Justin Bieber, Coldplay, dan Bad Bunny kini menghilang dari TikTok.

Baca Juga:Rekomendasi Kamera Mirrorless Kualitas Terbaik 2024, Jadi Youtuber Menjanjikan Dengan Hasil Video Dari Kamera MirrorllesRekomendasi Oli Motor Injeksi, Bikin Motor Kamu Memiliki Sensasi Mulus Banget

Sekarang semua video TikTok yang menggunakan lagu dari artis yang dinaungi oleh UMG telah lenyap.

Tidak hanya itu hal tersebut bagi mereka yang akan membuat video di TikTok, daftar musik artis-artis UMG telah tidak ada lagi.

Terdapat beberapa video yang masih menggunakan musik di bawah hak cipta UMG juga hilang.

Di antaranya bahkan pada video yang diunggah Taylor Swift di akun pribadinya.

Penghilangan lagu ini terjadu setelah UMG memberikan sepatah pernyataan terbuka yang mengancam akan menarik hak lagu mereka setelah gagal melakukan negosiasi akan perpanjangan kontrak dengan TikTok.

UMG menjelaskan sebuah perjanjian ini dengan TikTok itu berakhir pada 31 Januari 2024 lalu.

Dua belah pihak telah gagal mencapai perjanjian baru karena masalah royalti, kompensasi artis, hingga isu artificial intelligence (AI).

Baca Juga:5 Rekomendasi Rumah Makan Terenak di Sumedang yang Lagi Hits dan Wajib Kamu CobaJalur Cadas Pangeran di Sumedang Misteri di Balik Hening Sebuah Jalan

“Perusahaan tidak menyetujui persyaratan perjanjian baru,” tulis pernyataan resmi Universal Music Group.

Dalam pernyataan resminya, UMG juga menyatakan bahwa TikTok mencoba menindas perusahaan supaya membuat kesepakatan dengan nilai lebih rendah dari perjanjian yang dulu telah di rencanakan.

TikTok juga memberikan sebuah tanggapan terhadap sikap UMG.

Platform tiktok memberikan pernyataan dengan kesedihan serta kecewa kepada keputusan UMG.

Tiktok malah menuding UMG telah melakukan keserakahan mereka di atas kepentingan musisi dan para penulis lagu yang dinaungi olehnya.

Uang yang di Negosiasi Oleh TikTok Kecil

Dalam surat terbuka kepada musisi dan penulis lagu pada 30 Januari 2024, Universal Music Group (UMG) menyatakan bahwa mereka prihatin dengan tarif yang ditawarkan Tiktok untuk membayar katalognya.

0 Komentar