Bisa Menyumbat Pori-Pori, Deretan Bahan Comedogenic yang Harus Kamu Tahu

Bisa Menyumbat Pori-Pori, Deretan Bahan Comedogenic yang Harus Kamu Tahu
Bahan Comedogenic (tangkapan layar/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Bahan Comedogenic yang ternyata bisa menyumbat pori-pori bahkan bisa menyebabkan jerawat.

Pori-pori tersumbat selain disebabkan karena makeup dan kotoran yang terdapat di wajah, ternyata bisa juga disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan yang bersifat comedogenic (cenderung menyumbat pori-pori).

Sebelum kita masuk ke dalam daftar bahaya, penting untuk memahami apa itu bahan comedogenic. Istilah ini mengacu pada bahan-bahan yang memiliki kemampuan untuk menyumbat pori-pori kulit.

Baca Juga:Punya Flek Hitam? Intip Perawatan Kecantikan yang Bisa Kamu CobaHindari Mengkonsumsi Makanan Gosong, Ini Efek Sampingnya!

Ketika pori-pori tersumbat, minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri dapat terjebak di dalamnya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Bahan comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, diantaranya: 

1. Petroleum Jelly

Sering digunakan sebagai pelembap atau penghalang kulit, petroleum jelly sebenarnya dapat menyumbat pori-pori dengan cepat.

 Ini adalah bahan berbasis minyak yang sangat padat dan dapat memperparah kondisi kulit yang rentan terhadap jerawat.

2. Cocoa Butter

Meskipun memiliki aroma yang lezat dan tekstur yang kaya, cocoa butter adalah bahan comedogenic yang cukup kuat.

Kandungan lemaknya yang tinggi dapat membuatnya sulit untuk diserap oleh kulit dan malah menumpuk di permukaan, meningkatkan risiko pori-pori tersumbat.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mungkin telah diterima dengan penuh cinta dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, namun, itu adalah pemicu potensial bagi jerawat bagi beberapa individu.

Baca Juga:Mengenal Centella Asiatica, Tumbuhan yang Sering Dijadikan Bahan Dasar Skincare!Pengidap Asam Lambung Sebaiknya Hindari Sayuran Jenis Ini!

Minyak kelapa cenderung memiliki tingkat komedogenisitas yang tinggi, yang berarti dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan peradangan kulit.

4. Silikon

Sementara silikon sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk menciptakan tampilan yang halus dan merata, beberapa jenis silikon dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Ini adalah bahan yang bersifat tidak larut dalam air dan dapat mengunci kotoran dan minyak di dalam pori-pori.

5. Lanolin

Diambil dari bulu domba, lanolin adalah bahan yang umumnya digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifatnya yang melembapkan.

Namun, bagi mereka yang rentan terhadap jerawat, lanolin dapat menjadi musuh. Ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat.

 

Bahan comedogenic diatas adalah beberapa contoh utama dari apa yang perlu diwaspadai saat memilih produk perawatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit cenderung berjerawat. 

0 Komentar