Hindari Mengkonsumsi Makanan Gosong, Ini Efek Sampingnya!

Hindari Mengkonsumsi Makanan Gosong, Ini Efek Sampingnya!
makanan gosong (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Hindari mengkonsumsi makanan gosong karena memiliki efek samping yang bisa berbahaya bagi Kesehatan.

Apa saja efek samping yang terdapat dalam makanan gosong? Yuk simak info selengkapnya!

Pernahkah anda tidak sengaja meninggalkan masakan yang sedang dimasak dalam waktu yang lama dan menjadikan makanan tersebut menjadi gosong?

Baca Juga:Mengenal Centella Asiatica, Tumbuhan yang Sering Dijadikan Bahan Dasar Skincare!Pengidap Asam Lambung Sebaiknya Hindari Sayuran Jenis Ini!

Beberapa orang menganggap makanan gosong dapat memberikan cita rasa yang berbeda dan terasa lebih renyah.

Namun mulai sekarang anda harus berhati-hati karena mengkonsumsi makanan gosong memiliki efek samping yang berbahaya bagi Kesehatan tubuh.

Makanan yang dimasak dalam waktu lama pada suhu tinggi, seperti digoreng, dipanggang, atau dibakar, dapat menghasilkan bahan kimia berbahaya seperti akrilamida.

Zat ini terbentuk dari reaksi gula dan asam amino pada makanan bertepung, seperti produk kentang dan biji-bijian.

Efek konsumsi makanan gosong sebenarnya bisa mengubah DNA di dalam tubuh ketika zat-zat tersebut dicerna oleh enzim tertentu. Proses ini disebut bioaktivasi.

Perubahan DNA dalam sel bisa mengarah pada kemunculan mutasi yang menyebabkan kanker.

Dilansir dari laman website resmi halodoc, selain akrilamida, kamu dapat mengalami risiko tinggi terhadap kanker karena kandungan kimia PAH dan HAC. Saat memasak daging, terdapat dua bahan kimia berbeda yang muncul saat daging dimasak.

Baca Juga:Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Sebaiknya Dihindari Berdasarkan 4 Golongan DarahFakta Extension Bulu Mata yang Harus Anda Ketahui

Zat kimia yang pertama adalah hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang terbentuk ketika lemak dan sari buah menetes ke api saat menggoreng, memanggang, atau membakar daging.

Kandungan kimia lainnya adalah amina heterosiklik (HAC) yang dihasilkan dari reaksi antara molekul, termasuk asam amino dan gula.

HAC terbentuk ketika daging terkena suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama. Semakin lama proses memasak dilakukan, maka kandungannya semakin tinggi. 

Adapun efek samping yang mungkin terjadi ketika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan gosong diantaranya: 

1. Menyebabkan Kanker, Akrilamida dapat mengubah DNA dalam sel tubuh, menyebabkan mutasi yang berpotensi memicu kanker.

2. PAH dan HAC, Saat memasak daging pada suhu tinggi, terbentuk hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan amina heterosiklik (HAC), yang juga dapat meningkatkan risiko kanker.

0 Komentar