Penertiban APK Mulai di Titik Terbanyak

Penertiban APK Mulai di Titik Terbanyak
WhatsApp Image 2024-02-11 at 17.13.13 (1).jpeg
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sejumlah anggota Satpol PP Kabupaten Sumedang menertibkan alat peraga kampanye (APK), selama masa tenang Pemilu 2024. Penertiban APK dilakukan di semua kecamatan wilayah Sumedang, mulai Minggu (11/2). 

Di Sumedang Utara, penertiban dimulai dari kawasan Bundaran Alam Sari, yang menjadi salah satu titik terbanyak dipasangi APK. Sementara, di wilayah Kecamatan Conggeang penertiban dilakukan mulai dari perbatasan Kecamatan Paseh hingga perbatasan Kecamatan Ujungjaya dan Buahdua.

Kepala Bidang Penegakan Perundang Undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Sumedang, Yan Mahal Rizzal mengatakan, sbelumnya pihaknya melakukan apel bersama di PPS terkait Gerakan Sumedang Bebas APK.

Baca Juga:Banjir Setinggi Lutut Rendam Perumahan, Halaman Rumah Seperti Kolam IkanDr Aqua Dwipayana: Komunikasi Efektif Aspek Utama dalam Strategi Peningkatan Kinerja Para Personel Ditpolairud di Indonesia

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pak Pj Bupati bahwa hari ini mulai dilakukan penertiban APK secara serempak di Kabupaten Sumedang,” katanya saat memimpin penertiban APK di Alam Sari.

Dikatakan, penertiban APK sebetulnya harus dilakukan oleh peserta pemilu. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau partai politik peserta Pemilu agar ikut melakukan penertiban APK, selama masa tenang ini.

“Prioritas utama adalah oleh peserta pemilu, kami bersama pemerintah bersama Bawaslu, KPU dan jajaran terkait sifatnya hanya membantu dalam pelaksanaan,” ujarnya.

Namun apabila peserta pemilu tidak melakukan penertiban secara mandiri, maka Satpol PP yang akan melaksanakannya.

“Kami bersama-sama tim akan melakukan penertiban. Di tingkat kecamatan dipimpin oleh camat, Kasi Tibumtanmas, Panwascam, PKD,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Rizzal mengimbau bagi peserta pemilu maupun tim sukses untuk lebih memperhatikan, jangan hanya saat pemasangan APK saja.

“Untuk itu kami minta bersama-sama bahu membahu menyelesaikan, membersihkan, supaya Sumedang bebas dari APK dan bahan kampanye,” ucapnya.

Baca Juga:Kerusakan Sasak Beureum Semakin Parah, Jembatan Terancam AmbrukMeski Libur Perekaman E-KTP Tetap Buka  

Sementara itu, di Kecamatan Paseh salah seorang caleg DPRD Kabupaten Sumedang menertibkan APK di wilayah Kecamatan Paseh dengan mengerahkan timnya. Nampak, beberapa APK yang terpasang sudah ditertibkan.

“Kami menertibkan seluruh APK di wilayah yang dipasang,” kata salah satu timnya. (bim)

0 Komentar