TPS Antik Bernuansa Hajatan

WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.53.17 (1) (1).jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.53.17 (1) (1).jpeg
0 Komentar

sumedangekspres,  CIMALAKA –Tempat pemungutan suara (TPS) 2 di Desa Galuda, Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang menjadi salah satu lokasi pemungutan suara yang unik pada pelaksanaan Pemilu 2024. Pasalnya, TPS tersebut merupakan tempat sanggar seni.

Diketahui, sanggar seni tersebut milik orang tua Ketua KPPS 2 Galudra, Lukis Rekacipta.

Lukis mengaku, dirinya merasa senang sanggar seni milik orangtuanya bisa dijadikan TPS. Karena selain mencoblos, warga juga bisa diberi edukasi terkait pentingnya mengenal kesenian dan kearifan lokal yang ada di desanya.

Baca Juga:TKD Amin Soroti Penghitungan CepatTPAS Cijeruk Tak Terima Sampah dari Luar Sumedang

“Kami sekeluarga merasa senang sanggar ini dijadikan TPS, karena secara otomatis masyarakat  bisa mengenal karya seni dan kearipan lokal di desa kami,” ujarnya.

Lebih lanjut Lukis mengungkapkan, sanggar seni orangtuanya sudah beberapa kali dijadikan TPS pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Sehingga banyak masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya di sanggar seni milik orang tuanya tersebut.

Sementara itu, di tempat yang sama Sekretaris Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin menjelaskan, penunjukan lokasi tersebut karena memang sudah biasa dijadikan TPS. Selain lokasinya aman, juga nyaman bagi warga untuk mencoblos.

“Masyarakat yang menunggu giliran mencoblos akan merasa nyaman karena banyak ukiran dan lukisan yang dipajang serta gantungan hiasan makanan ringan kearipan lokal hasil olahan dari masyarakat kami, seperti opak, ranginang, keripik, kue kering juga kami pamerkan di TPS 2 ini, berikut iringan musik degung yang menambah suasana tenang seperti umumnya di hajatan,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar