Sejarah Etnik Tionghoa Masuk Ke Indonesia, Asal Usul Cindo Nih Ini Kan yang Kalian Mau

Sejarah Etnik Tionghoa Masuk Ke Indonesia, Asal Usul Cindo Nih Ini Kan yang Kalian Mau
Sejarah Etnik Tionghoa Masuk Ke Indonesia, Asal Usul Cindo Nih Ini Kan yang Kalian Mau(fotoby:id.wikipedia.org)
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah kurang lebih satu dasawarsa lalu masyarakat Indonesia menjadi terbiasa dengan suasana Tahun Baru Imlek.

Yang dimana suasana ini begitu kental khusu pada akhir januari atau awal Februari saat parayaan tahun baru yang berdasarkan tibanya pada bulan ini.

Tapi apakah masyarakat Indonesia sudah tahu mengenai orang-orang Tionghoa itu? Atau belum?

Baca Juga:Asal-Usul Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Tarumanegara Ini Ternyata BerbahasaSejarah Kerajaan Sriwijaya, yang Menyerang Kerajaan Tarumanegara Siapa nih yang Menang?

Secara sedaerhana kita akan mengatakan ya, bukankah imlek ini merupakan sebuah hara raya orang Tionghoa ? namun siapakah orang Tionghoa itu?

Sejarah Etnik Tionghoa Masuk Ke Indonesia

Terbentuknya Bangsa Han

Orang Tionghoa baik yang ada di Indonesia atau di China atau di berbagai dunia lain yang dimana merupakan suatu penjelmaan dari sebuah bangsa yang tua.

Bangsa ini sudah berkembang di sekitar sungai kuning dan mempunyai sebuah tradisi merayakan Tahun Baru Imlek jauh sebelum kelahiran Konfusius yang dimana merupakan filsuf kenamaan dari negeri yang sekarang bernama China.

Tapi yang awal mulanya mereka tidak dapat dianggap sebagai sebuah kelompok etnis yang satu.

Sebaliknya masing-masing wilayah memiliki kerajaan yang berbeda dan masyarakatnya pun setia pada kerajaan yang dimana letak mereka tinggal.

Akhir-akhri ini kurang lebih dua abad sebelum masehi baru bangsa ini dipersatukan oleh sebuah dinasti yang bernama Qin.

Kerjaan Qin ini melakukan penyatuan tembok yang sudah didirikan kerajaan yang dahulu sehingga terbentuknya sebuah tembok Panjang yang terkenal dengan nama tembok besar.

Baca Juga:Asal-Usul Sejarah Kerajaan Sunda Cikal Bakal Kerajaan PajajaranSilsilah Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap Dengan Raja-Raja Pada Masanya

Sebagai bagian dari sebuah masyarakat yang menyatu juga terbangun sebagai akibat dari berbagai penyeragaman yang dilakukan oleh seorang Dinasti yang bernama Qin seperti penyeragaman dalam penulisan huruf dan mata uang.

Pada zaman Dinasti Han ajaran Konfusius yang ditempatkan dalam posisi yang sangat penting yaitu ditempatkan sebagai ideologi negara.

Ajaran ini wajib banget dipelajari apalagi oleh mereka yang ingin banget bekerja di pemerintahan, baik pada zaman Dinasti Han atau dinasti berikutnya.

Namun seiringnya waktu dengan perkembangan beberapa ajaran Konfusius ini kemudian menjadi salah satu ajaran yang dianggap paling memiliki perngaruh dan tersebar dengan luas di wilayah China.

0 Komentar