Mengenal Teh Putih yang Menjadi Jenis Teh Premium di Indonesia

Mengenal Teh Putih yang Menjadi Jenis Teh Premium di Indonesia
Mengenal Teh Putih yang Menjadi Jenis Teh Premium di Indonesia (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Teh merupakan minuman yang mengandung kafein, yang berasal dari tanaman teh dan dibagi menjadi 4 kelompok yakni Teh Hitam, Teh Oolong, Teh Hijau dan juga Teh Putih.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Teh Putih.

Teh Putih merupakan salah satu jenis teh yang tidak mengalami proses fermentasi sama sekali, karena proses pengeringan dan penguapan dilakukan dengan sangat singkat.

Baca Juga:Bantuan untuk Kebutuhan Program STARBAK Sudah Disusun Pemkab SumedangMengenal Jamur Salju yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Daun teh putih diambil dari daun teh yang masih kuncup atau menggulung, dan ada bulu-bulu halus yang tumbuh pada daunnya.

Kemudian dikeringkan dengan metode penguapan atau dibiarkan kering oleh udara.

Dengan singkatnya proses pengolahannya terdapat kandungan zat katekin (komponen dalam penentu mutu daun teh yang memiliki sifat tidak berwarna, larut dalam air, serta dapat mempengaruhi rasa, warna, dan aroma pada teh) yang tertinggi dibandingkan dengan teh lainnya.

Selain itu, teh putih juga mempunyai sifat antimikroba.

Adapun beberapa manfaat teh putih diantaranya:

  • Mencegah kerusakan pada tubuh
  • Menjaga kulit tetap sehat
  • Membantu mencegah kanker
  • Menjaga kestabilan berat badan
  • Mencegah infeksi
  • Menurunkan resistensi insulin
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Mengurangi resiko gangguan jantung
  • Melawan radikal bebas

Studi menyebutkan bahwa asupan teh putih rutin setiap hari dapat mencegah adipogenesis, yaitu pembentukan sel lemak, sehingga dapat menegah obesitas.

Menurut Balai Penelitian Tanaman Industri  dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, anti oksidan yang dikandung teh putih 100x lebih banyak dari vitamin C dan 25x lebih efektif dari vitamin E, sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

Tahukah anda jika ada varian daun teh, yang mempunyai harga yang mahal, dan sangat jauh selisihnya bila dibandingkan dengan harga daun teh yang biasanya, bisa mencapai Rp 1,5 sampai Rp2 juta perkilonya, yakni merupakan varian daun teh itu adalah teh putih atau white tea.

0 Komentar