13 Pabrik Terkena Dampak Puting Beliung. Ratusan Pegawai Terluka, Produksi Terhenti

Puting Beliung Sapu Kawasan PT Kahatex
Puting Beliung Sapu Kawasan PT Kahatex
0 Komentar

sumedangekspres,  JATINANGOR – PT Kahatex mengalami kerusakan parah akibat diterjang angin puting beliung yang melanda kawasan Jatinangor, baru-baru ini. Dampaknya, 22 divisi PT Kahatex mengalami kerusakan parah dan 216 pengawai mengalami luka-luka.

Menurut Ketua DPK Apindo Kabupaten Sumedang, Luddy Sutedja yang juga Manajer Umum Bidang Humas dan Lingkungan di PT Kahatex Sumedang Jabar mengatakan, sebanyak 2.500 pekerja terpaksa diliburkan sementara waktu hingga pihak asuransi mengecek kerusakan. 

“Perusahaan akan berupaya mencari solusi agar hak-hak pekerja terpenuhi selama perusahaan berhenti beroperasi untuk perbaikan,” ujar Luddy.

Baca Juga:Pemdes Sukajaya Keluhkan Data Penerima ManfaatTornado di Rancaekek dan Jatinangor Sudah Diprediksi Tahun Lalu

Di tempat yang berbeda, PJ Bupati Sumedang, Herman Suryatman, mengonfirmasi bahwa total ada 13 pabrik yang mengalami kerusakan di wilayah Cimanggung dan Jatinangor.

“Kami belum memastikan apakah semua pabrik menghentikan seluruh karyawan mereka atau tidak,” terangnya.

Herman menyampaikan, pihaknya masih dalam proses komunikasi dengan perusahaan-perusahaan terdampak. 

“Ketua Apindo juga sibuk mendata internal perusahaannya sendiri karena terkena dampak langsung,” jelasnya.

Dilaporkan Herman, bencana alam tersebut menyebabkan 12 orang mengalami luka ringan, di antaranya delapan karyawan PT Kewalram dan satu orang petugas keamanan PT Karina (Nabati). Selain itu, terdapat kerugian materiil berupa kerusakan rumah warga sebanyak 37 KK.

Kerugian yang ditimbulkan oleh angin puting beliung ini cukup signifikan. Listrik mati di beberapa wilayah karena kabel terputus akibat pohon tumbang dan atap bangunan rusak parah. Kerugian masih dalam proses perhitungan, terutama kerusakan atap bangunan yang tersebar di beberapa lokasi.

Sementara proses pemulihan dan perbaikan masih berlangsung, pihak terkait terus berupaya memastikan bahwa bantuan dan dukungan mencapai korban dengan segera. Komunitas dan pemerintah setempat juga terlibat aktif dalam membantu proses pemulihan pasca bencana.. (kos)

0 Komentar