Angin Puting Beliung di Rancaekek Ternyata Tornado, Apa Bedanya?

Angin Puting Beliung di Rancaekek Ternyata Tornado, Apa Bedanya?
Angin Puting Beliung di Rancaekek Ternyata Tornado, Apa Bedanya? (ist/tangkapan layar)
0 Komentar

sumedangekspres – Angin Tornado di Rancaekek merupakan yang pertama terjadi di Indonesia, apa bedanya Angin Puting Beliung dengan Tornado?

Bencana mengerikan pada Rabu 21 Februari 2024 (Kemarin) di Rancaekek dan Jatinangor ternyata bukan puting beliung biasa, namun merupakan angin Tornado yang diklaim oleh BRIN sebagai angin Tornado pertama di Indonesia.

Bencana angin Tornado itu setidaknya membuat kerusakan di 5 kecamatan; Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi (Kabupaten Bandung), serta Kecamatan Mangunraja dan Jatinangor (Kabupaten Sumedang).

Baca Juga:Kalo 6 Ciri-ciri ini Ada Padanya, Fix Dia Jodoh Kamu!Jawab Kuis ini Untuk Mengetahui Jodoh Kamu di Masa Depan

Selain kerusakan barang, fasilitas umum dan juga bangunan, angin Tornadi di Rancaekek ini berimbas cukup besar kepada keselamatan warga Sumedang.

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman menyebutkan ada 123 warga yang mengalami luka karena bencana tersebut.

113 warga sumedang mengalami luka ringan dan 10 orang mengalami luka sedang.

Warga juga akan mendapatkan penanganan darurat dengan disiapkannya tenda darurat.

Setelah itu menurutnya, prioritas berikutnya adalah proses rehabilitasi rumah yang rusak karena bencana angin Tornado tersebut.

Beredar video yang memperlihatkan kengerian bencana angin Tornado kemarin yang membabi buta setiap apa yang dilewatinya.

Hal ini ditanggapi oleh Erma Yulihatin yang merupakan seorang Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN.

Erma Yulihatin menyebutkan adanya perbedaan antara angin puting beliung biasa dengan angin Tornado yang terjadi di Rancaekek-Jatingor kemarin.

Di bawah ini perbedaan antara angin puting beliung dengan angin Tornado menurut Erma Yulihatin.

Baca Juga:Siapa Jodoh Saya? Terawang Wajah dan Sikap Jodoh Kamu di Sini!Chinese Merapat! Ini Link Jodoh Kristen Chinese Khusus Bagi Keturunan Tionghoa

Perbedaan Angin Puting Beliung dan Angin Tornado

Meskipun terlihat mirip dan banyak yang menyangka kedua bencana ini adalah suatu hal yang sama, beberapa fakta di bawah ini akan memberikan penerangan akan perbedaan dari keduanya.

1. Kecepatan yang Berbeda

Pada kecepatan angin puting beliung dan angin Tornado memiliki kecepatan yang cukup jauh, yang mana angin puting beliung memiliki kecepatan rata-rata 56km/jam.

Sedangkan angin Tornado memiliki kecepatan 70km/jam.

Dari video yang beredar saja bisa kita rasakan kengerian dari kecepatan bencana ini yang menerbangkan puing-puing dengan begitu cepatnya.

 

2. Skala dan Efek Kerusakan yang Berbeda

Skala pada angin Tornado juga lebih luas dari angin puting beliung.

0 Komentar