Angin Puting Beliung Rancaekek, BRIN Mengatakan Ini Bukan Puting Beliung Tapi Tornado

Angin Puting Beliung Rancaekek, BRIN Mengatakan Ini Bukan Puting Beliung Tapi Tornado
Angin Puting Beliung Rancaekek, BRIN Mengatakan Ini Bukan Puting Beliung Tapi Tornado(Doc.HNDRN)
0 Komentar

sumedangekspres – Angin Puting beliung yang besar banget menerjang wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang sebagian.

Peristiwa ini terjadi di hari Rabu 21/2/2024 sore hari sejumlah bangunan pabrik-pabrik dan perusahan retail mulai dari indomart dan alfamart ini ikut terkena tragedi angin puting beliung .

Angin Puting Beliung Rancaekek

Tidak hanya bangunan ada juga pohon, truk terguling apalagi sepeda motor yang berjatuhan tergeletak di tengah-tengah jalan.

Baca Juga:Review Jujur Lip Balm Emina UV Protection Menurut Tiffany Murjadi6 Zodiak Yang Haus Akan Ketenaran, Waduh Ada Zodiak yang Berani Mengeluarkan Uang Banyak Demi Terkenal

Menurut pakar klimatologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau yang disingkat BRIN.

Perwakilanya BRIN Erma Yulihastin menyebutkan “bahwa angin puting beliung yang besar ini bisa disebut tornado juga ya karena kalau angin puting beliung itu kecil namun ini peristiwanya berbeda anginya lebih besar sehingga bisa disebut tornado banyak merusak bangunan di Bandung dan Sumedang” Pungkas Erma.

Jadi gimana kalian percaya sekarang kalau badai tornado ini bisa terjadi di Indonesia?

KAMAJAYA telah memprediksi extreme even 21 feburuari 2023 tulis tweet Erma di Media X.

Kronologi, foto-foto, dan video yang unggahan dari masyarakat ini bukan hoax ya ini nyata dan sangat membantu banget untuk riset mendalami extrem event yang tercatat sebagai tornado pertama kali di Jawa Barat dan Indonesia.

Erma juga menambahkan durasi bencana ini berangsung lama ya tidak semenit 2 menit hal ini berbeda karena ini Tornado bukan yang pernah terjadi puting beliung di Indonesia yang dulu-dulu.

Selain itu durasi dalam kasus puting beliung ini kerap terjadi di Indonesia hanya selama 5 sampai 10 menit juga sudah sangat lama.

Baca Juga:Angin Puting Beliung Mengakibatkan Listrik Mati,PLN Langsung Mengupayakan PemulihanResep Lauk Tinggi Protein Rendah Kolesterol, Menyambut Ramadan Dengan Tubuh yang Sehat

Hanya terdapat salah satu kasus yang tidak biasa ketika puting beliung yang terjadi di Cimenyan 2021 selama 20 menit. pungkas Erma.

Sebagai tim riset dari BRIN secepatnya akan melakukan rekontruksi dan investigasi tornado yang terjadi di Rancaekek ini.

Efek tornado berbeda dengan puting beling, tornado ini memiliki cakupan skala yang lebih tinggi kekuatanya dengan skala radius lebih luas.

Angin tornado minimal kecepatan itu 70 km/jam. Namun dalam kajian kami di BRIN ini angin puting beliung yang paling kuat itu secepat 56 km/jam.

0 Komentar