Pemkab Sumedang Susun Rencana Guna Memberantas Bank Emok

Foto : Dok Pemkab Sumedang sumedangkab.go.id
Foto : Dok Pemkab Sumedang sumedangkab.go.id
0 Komentar

sumedangekspres – Pemkab Sumedang Susun Rencana Guna Memberantas Bank Emok

Banyaknya Bank Emok di Kabupaten Sumedang yang tentu sangat meresahkan karena Bank Emok ini memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan menerapkan bunga yang tinggi yang tentu akan membuat banyak masyarakat yang mengalami kesulitan membayar.

Atas dasar itu Pemerintah Kabupaten Sumedang menyusun rencana untuk memberantas Bank Emok atau Sumedang Zero Bank Emok.

Untuk mewujudkannya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sepakat merancang program  Sumedang Zero Bank Emok.

Baca Juga:5 Ide Bisnis Pertanian Yang Cocok Untuk Anak Muda, No 4 Wajib Kamu Coba Dijamin SuksesPunya Holding Ultra Mikro, Saham BBRI Diprediksi Akan Terus Cetak Rekor

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat Rapat Pleno TPAKD  Kabupaten Sumedang Tahun 2024 di Puri Khatulistiwa Jatinangor pada Rabu 21 Februari 2024 kemarin mengatakan, “Kondisi di lapangan, terutama masyarakat bawah banyak yang menjadi nasabah Bank Emok. Ini menjadi keprihatinan. Pemerintah daerah bersama lembaga formal bank milik daerah maupun bank umum, BUMD akan bahu membahu memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat agar mudah mendapatkan kredit pinjaman yang kompetitif dan sehat.  Zero toleran untuk Bank Emok di  Sumedang”, ungkapnya.

TPAKD akan berikhtiar dari sisi kebijakan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia akan siap mensuport dan dari segi kebijakan. 

Dalam Rapat Pleno TPAKD membahas juga terkait bagaimana meningkatkan aksesbilitas masyarakat terkait kuangan daerah.  “Literasi keuangan masyarakat  saat ini belum optimal.eMenjadi tugas bersama, bagaimana meningkatkan literasi finansial ke masyarakat,” kata Herman.

Selain itu Pj Bupati Herman Suryatman juga mengatakan bahwa, Literasi keuangan ini menjadi kunci karena masyarakat literat dari sisi keuangan maka setiap keluarga  bisa membangun keuangan yang baik.

Sementara itu Pj Sekretaris Dearah Tuti Ruswati menyebutkan, TPKAD  akan merancang terkait Zero Bank Emok di Kabupaten Sumedang karena telah ditetapkan dalam program kerja TPKAD. “Insyaallah  bulan Maret, harus bisa mengeksekusi bagaimana Sumedang Zero Bank Emok,” kata Tuti. [*]

sumber : sumedangkab.go.id

0 Komentar