Pemdes Sukagalih Minta Data Bantuan Beras Direvisi

IMBAU: Kepala Desa Sukagalih, Onih Noer Rosidah saat memberikan keterangan terkait data KPM dari Bapanas yang
IMBAU: Kepala Desa Sukagalih, Onih Noer Rosidah saat memberikan keterangan terkait data KPM dari Bapanas yang kurang tepat sasaran, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres,  KOTA – Pemerintah Desa Sukagalih, Kecamatan Sumedang Selatan menilai data penyaluran bantuan pangan berupa beras 10 kg kepada 1.023 keluarga penerima manfaat (KPM), yang berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kurang tepat sasaran. Diketahui bantuan tersebut dikoordinir oleh Pengembangan Manusia Kebudayaan (PMK) melalui PT Pos.

Kepala Desa (Kades) Sukagalih, Onih Noer Rosidah mengatakan, data bantuan beras yang diterima pihaknya dari kantor Pos kurang tepat sasaran. Pasalnya bantuan tersebut seharusnya diterima oleh masyarakat dengan kategori miskin.

“Untuk data bantuan pangan ini ke depan harus direvisi berkoordinsi dengan pemerintahan desa. Jadi data penerimanya bisa tepat sasaran, sesuai dengan peruntukan warga kategori miskin yang benar – benar membutuhkan,” ucapnya.   

Baca Juga:Girimukti Dukung Program KKN TematikBaznas Targetkan Rp 30 Milyar dari Zakat Fitrah

Jadi, lanjut Kades, tidak akan timbul masalah bagi pemerintahan desa. 

“Seperti yang sudah pindah dari Desa Sukagalih datanya masih ada, warga  yang sudah meninggal  datanya masih ada, pensiunan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) datanya ada. Sementara, warga yang jelas-jelas miskin dan membutuhkan datanya tidak ada,” jelasnya.

Kades mengatakan, hal tersebut menjadi dilema bagi Pemerintahan Desa Sukagalih, pasalnya banyak warga miskin yang datang untuk komplen ke kantor desa, karena tidak mendapat bantuan dan mereka mengira, data diterbitkan oleh pihak pemerintahan desa.

“Padahal untuk data penerima bantuan beras 10 Kg, kami hanya menerima dari kantor Pos, tidak ada konfirmasi dulu ke pemerintahan desa,” ujarnya.

Kades berharap, untuk ke depan data yang akan diterbitkan, terlebih dahulu dikoordinasikan dengan pemerintahan desa.

“Segala jenis bantuan itu konfirmasi dulu ke pihak pemerintahan desa. Jadi kami pihak desa diberi kesempatan  untuk memberikan data warga yang betul – betul membutuhkan bantuan. Supaya tidak timbul permasalahan kurang tepat sasaran seperti sekarang,” katanya.

Tapi meskipun begitu, lanjut Kades, pihak Pemerintahan Desa Sukagalih mewakili warga tetap megucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dan daerah, karena sudah membantu masyarakat dengan menggulirkan bantuan pangan.

Baca Juga:Korban Puting Beliung Berharap Bantuan MaterialBendungan Cipanas Jadi Surga Bagi Pemancing

“Karena bantuan ini sangat meringankan pihak desa dalam mengentaskan kemiskinan dan memperkuat ketahanan pangan di desa kami. Hanya sekali lagi kami minta, ke depannya untuk data KPM sebelum dimunculkan data baru, koordinasikan dulu dengan pihak desa,” tutup Kades.  (ahm)

0 Komentar