Bendungan Cipanas Jadi Surga Bagi Pemancing

SPOT MANCING: Beberapa warga saat hendak memancing di kawasan Bendungan Cipanas, baru-baru ini.
SPOT MANCING: Beberapa warga saat hendak memancing di kawasan Bendungan Cipanas, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres,  CONGGEANG – Bendungan Cipanas yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang dan Ujungjaya Kabupaten Sumedang kini menjadi surga baru bagi para pemancing. Bahkan, setiap harinya para pemancing berbondong-bondong datang ke wilayah Bendungan Cipanas. 

Tidak hanya dari sekitar Kecamatan Buahdua dan Conggeang, mereka pun datang dari luar daerah, seperti Cimalaka, Tanjungkerta dan Paseh.

Seorang warga Desa Karanglayung, Tatang Kurniawan mengatakan setiap harinya para pemancing selalu datang dan menuju ke Bendungan Cipanas. Pemandangan tersebut menjadi hal biasa bagi warga yang dilintasi. 

Baca Juga:Longsor Timpa Delapan Rumah, Korban Terpaksa Mengungsi ke TetanggaTNI Pantau Distribusi Bantuan Pangan

“Pemancing hampir setiap hari datang untuk memancing di Bendungan Cipanas. Mereka datang berbondong-bondong setiap hari,” katanya kepada Sumeks, Selasa (27/2).

Disebutkan, jumlah ikan yang banyak menjadi daya tarik bagi para pemancing. Seperti ikan mujaer, lalawak dan ikan lainnya. 

“Dulu sebelum wilayah genangan meluas, banyak ikan di wilayah Bendungan Cipanas. Mungkin kini ikan mulai menyebar karena luas genangan terus meluas seiring musim hujan,” katanya. 

Tidak hanya di wilayah Desa Karanglayung Kecamatan Conggeang, para pemancing juga datang ke wilayah Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya. Mereka datang dari luar daerah, seperti Subang, Indramayu dan Majalengka.

“Setiap harinya para pemancing selalu datang ke Bendungan Cipanas melalui Desa Cibuluh. Bahkan, dari mereka ada yang sampai menginap,” ujar seorang warga Desa Cibuluh Engkos.

Disebutkan, lokasi pemancingan yang menjadi favorit di sekitar Badan Bendungan Cipanas. Seperti di Blok Batu Nunggul. 

“Para pemancing datang untuk memancing ikan Mujaer, Lalawak, paray serta lainnya,” jelasnya. 

Baca Juga:Aparat Bantu Warga Terdampak BencanaTerowongan Tol Cisumdawu Gelap Gulita , Lampu Twin Tunnel Kerap Padam

Engkos menuturkan, tentunya hal tersebut menjadi daya tarik bagi warga untuk menghasilkan pendapatan. Misalnya, dengan menyediakan alat pancing, umpan ataupun sekedar jajanan bagi para pemancing.

“Diharapkan, kondisi seperti ini terus berlangsung sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi warga setempat. Ke depannya, menjadi daya tarik bagi wisata di Desa Cibuluh,” pungkasnya. (bim)

0 Komentar