Ternyata Durian Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh 3 Kelompok Penderita Penyakit Ini!

Ternyata Durian Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh 3 Kelompok Penderita Penyakit Ini!
Ternyata Durian Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh 3 Kelompok Penderita Penyakit Ini! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Durian ialah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Sebutan populernya yakni “raja buah” atau King of Fruit.

Durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari genus Durio.

Buah durian merupakan salah satu buah yang kontroversial meskipun banyak orang yang menyukainya tetapi sebagiannya kurang menyukai dengan aromanya.

Pohon durian dapat tumbuh secara maksimal Ketika berada di daratan rendah sampai wilayah dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.

Baca Juga:5 Minuman yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah SakitPakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tekankan Urgensi Pelatihan Manajemen Stres Sebagai Bagian dari Peningkatan

Adapun pusat keanekaragaman durian yakni di pulau Kalimantan, dan daerah-daerah sekitarnya juga memiliki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatra, dan juga Semenanjung Malaya.

Adapun negara pengekspor utama durian ialah Thailand. Tempat lainnya yang membudidayakan durian dengan orientasi ekspor adalah Mindanao di Filipina, Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan juga Sri Lanka.

Durian juga banyak di olah menjadi dodol, atau difermentasikan menjadi tempoyak, dicampurkan dalam permen, es krim, susu, minuman penyegar, dan kolak durian.

Adapun manfaat durian bagi tubuh yakni:

  • Meningkatkan Kesehatan pencernaan
  • Mencegah penuaan dini
  • Menjaga Kesehatan tulang
  • Mencegah perubahan sel abnormal kanker
  • Mencegah munculnya nyeri
  • Mengatur tekanan darah
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengatasi insomnia
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah anemia
  • Meningkatkan Kesehatan kulit

Selain itu daging durian juga memiliki gizi kaya akan serat, vitamin C, potassium, dan vitamin B.

Dan juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan seperti quercetin, kaempferol, dan luteolin.

Ternyata konsumsi durian perlu dibatasi, terutama untuk sekelompok orang dengan Riwayat penyakit penyerta atau komorbid tertentu, diantaranya:

1. Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis ialah Ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap akibat kerusakan jaringan ginjal. Adapun definisi lain yakni penurunan laju penyaringan ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Baca Juga:Mengatasi Perubahan Kulit dengan Konsumsi Buah DelimaBuget Program Makan Siang Gratis Rp 15 Ribu, Begini Komentar Menteri Kesehatan!

Pengidap penyakit ginjal kronis perlu ekstra hati-hati saat mengkonsumsi durian karena durian memiliki kandungan potasium lebih tinggi dibandingkan dengan pisang.

Meskipun kandungan tersebut sedikitnya memiliki manfaat namun, adanya kandungan tersebut juga bisa saja menyebabkan serangan jantung bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Obesitas

0 Komentar