Siswa Lepas Sepatu Terobos Banjir

MENGGENANG: Salah satu siswa melintasi jalan yang tergenang banjir akibat luapan Sungai Cimande, di Desa Cihan
MENGGENANG: Salah satu siswa melintasi jalan yang tergenang banjir akibat luapan Sungai Cimande, di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Akses jalan di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung tergenang air sedalam 20 cm. Hal tersebut dikarenakan luapan Sungai Cimande, akibat hujan deras beberapa waktu terakhir.

Para pengendara diharapkan untuk berhati-hati saat melintasi jalan yang tergenang air sepanjang 30 meter tersebut.

Selain itu, anak-anak sekolah di Desa Cihanjuang terpaksa harus menerjang banjir saat akan masuk sekolah, dengan menenteng sepatu mereka untuk menjaga agar tidak terlalu basah.

Baca Juga:Rumah Edukasi Maggot Kurangi Sampah Rumah TanggaTurnamen Voli Latih Mental Juara

Beberapa dari mereka memilih cara-cara kreatif agar seragam sekolah mereka tidak terlalu terkena air, seperti menyingsingkan baju atau memasukkan sepatu ke dalam tas. Tidak hanya menenteng sepatu, berbagai cara agar seragam tidak terlihahat terlalu basah pun mereka lakukan.

Ada yang terlihat menyingsingkan baju, ada yang menjingjing sepatunya, ada pula yang memilih memasukkan sepatunya ke dalam tas.

Meskipun sudah berhati-hati, seperti yang diungkapkan oleh Wina (9), sebagian besar peralatan sekolahnya tetap basah.

“Sekarang pulang dengan celana basah juga enggak apa-apa. Tadi pas berangkat juga banjir,” jelasnya.

Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf, menyatakan tertupnya jalan desa tersebut akibat luapan air Sungai Cimande yang disebabkan oleh hujan deras dan hingga saat ini belum ada perbaikan yang dilakukan.

Menurutnya, perlu adanya normalisasi Sungai Cimande, sebab air tersebut datangnya dari sungai Cimande yang mengalami pendangkalan untuk mencegah terjadinya genangan air di sekitar tersebut.

“Upaya normalisasi tersebut diharapkan dapat dilakukan secepatnya untuk mengatasi masalah akses jalan yang tergenang akibat luapan Sungai Cimande,” ucapnya.

Baca Juga:Jembatan Ambruk Tergerus BanjirTNI Kerja Bakti Bersihkan Lumpur

Para warga di Desa Cihanjuang pun berharap, pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki akses jalan yang terdampak oleh luapan Sungai Cimande.

Sementara itu, beberapa warga juga mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya banjir yang lebih parah jika hujan terus menerus mengguyur wilayah tersebut.

Pihak terkait diharapkan untuk segera merespons dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko banjir yang dapat mengganggu aktivitas warga serta mengancam keselamatan mereka.

Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasi masalah banjir dan akses jalan yang tergenang akibat luapan Sungai Cimande di Desa Cihanjuang. (kos)

0 Komentar