Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat

Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat
Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat(doc.@atinstachannel158/YouTube)
0 Komentar

Pawai yang mereka lakukan di Kuningan ini ada yang menggunakan sepeda ada yang jalan kaki ke setiap penjuru desa yang sudah jadi tradisi tahunan yang kerap dilakukan oleh masyarakat Kuningan Jawa Barat.

Mereka melakukan pawai obor ini dengan mengelilingi kampung sebagai tanda bahwa bulan yang suci akan segera datang.

3.Membersihkan dan Mencuci Karpet

Kalau tradisi membersihkan atau mencuci karpet atau sajadah ini merupakan salah satu tradisi menurut kami paling unik di daerah Kuningan Jawa barat.

Baca Juga:Pusing Menghilangkan Lapisan Lilin Pada Buah Anggur? Begini Cara Menghilangkan Lapisan Lilin Pada Buah AnggurAir Sungai Cibogo Meluap, Badan Jalan Lingkar Banjir

Mencuci karpet yang di rumah dan yang di Masjid atau sajadah ini melambangkan suatu persiapan dalam datangnya bulan yang penuh dengan keberkahan.

Bulan Ramadan ini setiap umat Muslim dianjurkan berlomba-lomba berbuat baik dan beribadah dengan ke khusuan karena keberkahan yang diberikan begitu besar.

Tradisi membersihkan dan Mencuci karpet atau sajadah ini menjadi sebuah persiapan yang mereka anggap penting untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

4.Ngoyak Lauk, Atau Nangkap Ikan di Kolam

Betapa uniknya tradisi munggahan di Kuningan Jawa Barat ini. Mulanya dengan datangnya bulan Ramadan masyarakat terutama warga desa Karang Muncang ini akan melakukan ngoyak lauk tanpa menggunakan alat bantu alias tangan kosong.

Nah jika mendapatkan ikan ini konon katanya akan mendatangkan kebaikan, dan ikanya itu dijadikan hidangan makan dengan keluarga.

 

0 Komentar