Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat

Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat
Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat(doc.@atinstachannel158/YouTube)
0 Komentar

sumedangekspres – Ternyata Masih Ada Tradisi Munggah di Kuningan Jawa Barat, Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Setiap umet Islam akan berbahagia karena datangnya bulan suci dan penuh dengan keberkahan.

Terdapat tradisi di berbagai daerah dalam menyambut bulan Ramadan, kebahagiaan itu dirayakan oleh masyarakat di Kuningan dengan beberapa tradisi.

Tradisinya mulai dari makan Bersama, berwisata, dan ziarah ke makam orang tua.

Baca Juga:Pusing Menghilangkan Lapisan Lilin Pada Buah Anggur? Begini Cara Menghilangkan Lapisan Lilin Pada Buah AnggurAir Sungai Cibogo Meluap, Badan Jalan Lingkar Banjir

Masing-masing tradisi itu tidak hanya dilakukan dalam bentuk nyata tapi memberikan makna yang sungguh dalam.

Munggahan ini merupakan istilah dalam budaya Jawa yang menuruk pada suatu acara atau aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut bulan Ramadan.

Tradisi ini kerap dilakukanya dalam bentuk berbagai macam acara atau aktivitas, mulai dari membersihkan rumah, mempersiapkan makanan khas Ramadan serta menjalin silaturahmi dengan tetangga atau kerabat.

Munggahan juga biasanya jadi sebuah momen bagi keluarga atau komunitas untuk melakukan kegiatan bersama, seperti berdoa bersama, membaca Al-Qur’an atau tradisi lainnya. 

Tidak hanya itu munggah itu bisa jadi waktu untuk merenung, intropeksi diri karena banyaknya dosa yang telah diperbuat namun kita tidak menyadari bahwa yang kita perbuat itu dosa. 

Secara keseluruhan Munggahan ini merupakan tradisi sosial dan spiritual yang bisa memperkuatkan ikatan antar personal dan keluarga dalam menyambut datangnya bulan penuh keberkahan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan mempersiapkan diri dengan baik.

Tradisi ini bervariasi yah, nah kebetulan tradisi yang kami bahas ini memiliki keunikan tersendiri setiap aktivitasnya, tradisi ini biasanya dilakukan di daerah Kuningan Jawa Barat.

Baca Juga:25 Contoh Soal Akuntansi dan Jawabanya, Belajar Akuntansi itu MudahTips Dari Ahli Gizi Nih!!! Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Ideal Selama Ramadan

Kami akan memberikan beberapa tradisi dan penjelasanya di Kuningan Jawa Barat di bawah ini.

1.Ziarah

Ziarah atau yang mereka sering menyebutnya dengan nyekar ketika menjelang datangnya bulan Ramadan, padahal kan bisa dibulan apa saja dan kapanpun kalua mau ziarah, namun berbeda dengan tradisi ini dilakukan ketika bulan Ramadan datang.

2.Pawai Obor

Nah tradisi ini sering banget dilakukan datangnya bulan Ramadan dan Maulid tapi tidak hanya di Kuningan di daerah Jawa Barat Seperti Sumedang juga sama sepert ini.

0 Komentar