Siapkan Visi Literasi 2030

SUMRINGAH: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat pemberian Anugerah Vidya Caryena dan Gelar Pendidikan di G
SUMRINGAH: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat pemberian Anugerah Vidya Caryena dan Gelar Pendidikan di GOR Tadjimalela, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang sedang menyiapkan Visi Literasi Sumedang 2030. Literasi menjadi sangat penting, karena  literasi adalah kunci sebuah daerah bahkan negara.

“Kami akan membuat grand desain dan peta untuk mewujudkan masyarakat Sumedang yang literat, termasuk untuk anak-anak sekolahnya.

Kalau itu bisa diwujudkan, Sumedang akan terdepan di Indonesia Emas 2045,” kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat pemberian Anugerah Vidya Caryena dan Gelar Pendidikan di GOR Tadjimalela, baru-baru ini. 

Baca Juga:Warga Sambut Rencana Pemekaran DesaKawanan Kera Serbu Perumahan

Menurut dia,  dengan adanya Anugerah Vidya Caryena untuk tokoh pendidikan, guru, siswa berprestasi, kualitas pedidikan di Kabupaten Sumedang tahun 2024 harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Contohnya untuk indeks literasi dan numerasi harus ditingkatkan. Dibandingkan dengan kabupaten atau kota lain di Jawa Barat, indeks literasi dan numerasi Sumedang relatif baik. Tapi dibandingkan dengan yang ideal masih sangat jauh,” ujarnya. 

Herman mengungkapkan, literasi menjadi sangat penting, karena  literasi kunci sebuah daerah bahkan negara.

“Jika daerahnya ingin maju, kemiskinan dan penganggurannya ingin diturunkan, maka kuncinya adalah literasi. Jika masyarakatnya literat dan tentu dimulai dari anak-anaknya literat, maka nanti pembangunan di Sumedang akan melesat dan yang diuntungkan adalah masyarakat,” tuturnya. 

Hanya saja, terang Herman, persoalannya terkait dengan literasi dan Pendidikan, sebagian dari masyarakat kurang begitu memberikan atensi terhadap dunia pendidikan. 

“Jika diibaratkan, ini adalah lari marathn bukan lari sprint. Kami memberikan perhatian serius terhadap pendidikan, baik dari sisi peningkatan kompetensi guru, dari sisi sarana prasarana dan dari sisi kontennya. Ini jelas tidak akan langsung terasa, karena bagi pendidikan, sekarang kita bangun maka sepuluh sampai dua puluh tahun kedepan baru akan dirasakan hasilnya,” ujarnya. 

Herman  mengapresiasi Dinas Pendidikan Sumedang memberikan Anugerah Vidya Caryena.

“Atas nama Pemda Kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Dinas Pendidikan yang telah melaksanakan awarding yang sangat bagus ini,” kata Pj Bupati Herman.  

Baca Juga:Pemilih di Sumedang Lebihi TargetSungai Meluap, Tiga Desa Terkepung Banjir

Dalam acara tersebut diberikan beberapa penghargaan diantaranya penghargaan peraih prestasi  kepada Sekretaris Disdik  Eka Ginanjar Kurniawan.  Kategori peserta didik, Zalfa Zahira Rubiyan Sakhi dari SD Ar Rafi BHS Sumedang peraih  A Winner pada event 2023 Metropolis Throught Children’s Eyes International Youth Drawing Contest. 

0 Komentar